nhk

Jelang MotoGP Assen 2017: Panas Di Atas 50 Derajat Sama Dengan Hujan Gerimis, Sama Licinnya

MotoGP Assen 2017

ManiakMotor – Gerimis yang nggak basah-basah amat, ban juga tidak bekerja dengan benar bukan hanya  MotoGP, di harian juga begitu. Maka berhati-hatilah yang pulang mudik bila ada gerimis. Di MotoGP  itu membuat pengendara bingung memilih tipe ban. Dapat ban sesuai pun, throttle juga harus kira-kira. Digas banyak roda akan spin. Nggak digas keras disalip lawan.

Itu yang diandaikan Andrea Dovizioso saat juara di Barcelona-Catalunya, ketika lintasan panas melebihi 50oC.  “Saya tahu, tidak semua pembalap membawa dengan kecepatan motor mereka di Catalunya. Mereka menggeber motor dengan batas aspal dan berjuang dengan ban. Seperti Anda mengendarai motor saat gerimis, bedanya ini panas. Di Assen, saya rasa akan berbeda,” sebut Dovizioso  yang dalam seminggu bisa dua kali juara.

Lain dengan Assen, karena sirkuit Catalunya terlalu banyak aktifitas saban hari di sana.  Ada yang latihan motor dan mobil. Aspal menjadi jenuh. Selain jadi bergelombang, saat panas bekas-bekas kompon ban yang aus pada pori-pori aspal naik ke permukaan. Bekas kompon inilah yang menolak senyawa dengan ban yang digunakan peserta. Kecuali si Dovi yang dapat setingan lebih benar dengan sasis dan mesin ciri Eropa yang nggak pecicilan, khas Ducati.

“Motor saya hasilnya malah aundersteering, karena tanpa grip dari depan dan belakang. Nggak mungkin bisa keluar cepat di tikungan,” timpal Valentino Rossi yang ogah tersiksa seperti itu di Assen dan dia yakin Assen berkarekter berbeda dengan Catalunya. Lagian Yamaha telah memperbaiki M1 saat ketemu lintasan seperti Catalunya. Di tes Catalunya, mereka membawa sasis banyak. Berarti sudah ada solusi. Sasis sebelumnya kelewat rigid, mungkin, yang hanya enak di aspal banyak grip.

Itu tadi, gerimis dan panas sama licinnya di Catalunya. Tentu akan berbeda dengan Assen yang suhu sekitar dingin dan hujan, wah sama juga. Basah kan licin juga. Seperti tahun lalu lomba di Assen dalam guyuran hujan. Toh walau kering, panas lintasan Assen dalam lima tahun terakhir tak lebih dari 30oC. Miolo

 

BAGIKAN