nhk

Jelang MotoGP Assen 2017: Rossi Justru Beruntung, Klasemen Malah Mendekat, Peluang Ada

46 Rossi 2017 VR

 

ManiakMotor – Sebenarnya point Valentino Rossi dengan pemimpin klasemen, justru mengecil usai balapan Catalunya. Sesudah Mugello si The Doctor tertinggal 30 angka. Di Catalunya walau ke-8, tapi boleh potong dua angka dengan pemimpin klasemen.

Lumayan kan, peluang masih tetap terjaga dengan 11 ronde sisa. “Lumayanlah. Memang kehilangan dua posisi, tapi masih dekat dengan pemimpin klasemen,” sebut Rossi yang telah menjelaskan berulang-ulang soal gagal di Jerez dan Barcelona karena motor yang sulit bersahabat dengan karakter aspal.

Kehilangan dua posisi maksudnya si Rossi sebelum Catalunya berada di klasemen ke-3, usai lomba jadi ke-5. Tempatnya disabet Marc Marquez dan digeser Dani Pedrosa jadi posisinya sekarang.  Tapi itu tadi, klasemen terpangkas karena yang memimpin klasemen yang dipegang teman setimnya sendiri, Maverick Vinales, dua tingkat di belakangnya alias ke-10 saat lomba di Catalunya.

Rossi masih bisa berharap untuk juara ke-10 kali dari semua kelas, gelar yang saat ini sedang diburunya yang seolah tak kenal usia. Karena masih ada 225 angka yang tersedia diperebutkan. Apa pun bisa terjadi tergantung doa dan amal masing-masing pembalap dan tim. Siapa sih yang merekan Andrea Dovizioso yang saat ini nangkring kedua dengan peluang sama besar meraih titel 2017. Dovi tinggal selisih 7 angka dari Vinales.

Hal semacam itu juga tentu lagi dikejar oleh lima besar klasemen yang semuanya dari pabrikan, tentu juga didoakan Rossi. Dan biasanya separuh musim selalu akan berubah keadaan keberuntungan. Salah satunya berubahnya pacuan lebih baik dengan adanya tes.  “Adanya tes di Barcelona usai lomba kemarin, kami telah menemukan solusi bila kondisi trek seperti Jerez dan Catalunya. Walau pun solusi tersebut harus ditindak lanjuti lagi, tapi sudah lebih baik dari sebelumnya,” sebut Rossi yang bersama pasukan Yamaha konsentrasi penuh pada rangka baru agar kejadian seperti Jerez dan Catalunya tidak terulang pada M1.

Rossi kan melorot hanya kerena karakter sirkuit seperti Jerez dan kembali ketemu di Barcelona dan hanya jatuh di Lemans. Keadaan yang sama terjadi juga pada lawan dengan fakta posisi pertama di klasemen sudah dua kali berganti. Lalu klasemen kedua dalam 7 seri berlalu sudah empat pembalap yang pernah mendudukinya. Termasuk Dovi yang kedua sekarang pernah kedua usai Qatar dan hanya ke-6 usai Lemans tapi jadi kedua setelah Mugello dan Catalunya.

Sekaligus Rossi punya kans sama masuk Assen minggu ini yang termasuk sirkuit favoritnya. Apalagi kalau sirkuitnya kaya akan grip, M1 Rossi nggak ada kendurnya. Miolo

BAGIKAN