nhk

Jelang MotoGP Assen 2017: Ubah Pola Pikir, Dovi Sukses Tuai Kemenangan Di Mugello dan Catalunya

Dovi, Motogp, Pusing

ManiakMotor – Andrea Dovizioso membeberkan kesuksesannya memenangkan dua seri motogp berurutan di Mugello (Italia) dan Catalunya (Spanyol). Dikatakannya, adanya perubahan pola pikir sejak pertengahan 2016 sangat membantu bentuk motogpnya. Dengan dua kemenangan itu, posisinya pun di klasemen sementara langsung melejit di urutan kedua dengan 104 angka, terpaut tujuh angka sama Vinales sebagai pemuncak.

Ketika diminta untuk menjelaskan perubahan tersebut, disebutkan bahwa sejak pertengahan tahun lalu dirinya mengerti banyak hal. Terutama soal kehidupan dan ini membantunya mendekati segalanya; hidup dan sport dengan cara yang berbeda.

“Dari situlah hasil saya jauh lebih baik, jika dibandingkan tahun lalu dengan sekarang,” tegasnya. ia mengambil contoh, ketika Anda bertemu beberapa orang dan menjelaskan hal-hal dengan cara berbeda. Nah, di sini setiap orang (dirinya) harus bisa mengerti atau menjadi dewasa tentang hal yang berbeda dalam momen yang berbeda pula.

Perumpamaan ini banyak dialaminya di luar lintasan balap. Hal-hal kecil saja, katanya bisa menciptakan perbedaan besar. Jika tidak bisa memilah, antara untuk kepentingan balap, gaya hidup, dan lingkungan, bisa repot.

Ia mengambil contoh, soal Desmosedici GP17. Kondisinya sangat beda dari tahun lalu. Beberapa hal negatif, tapi ada yang positif. Juga soal ban, “Saya tidak tahu kenapa kinerja ban terkadang bagus, terkadang buruk. Kadang-kadang bagus untuk kita, kadang bagus untuk pabrikan lain. Nah, cara Anda mendekati semua hal mesti membuat perbedaan,” urainya.

Makanya, dengan pola pikir itu, Dovi mengaku dirinya bisa sedikit rileks. Meski, sampai lima seri awal tidak satu Ducati pun di baris depan. Hasilnya, ya dua kemenangan beruntun itulah. Kini, Ducati tidak lagi identik dengan trek cepat seperti tahun lalu di Austria.

Bukan tidak mungkin Dovi bisa merebut gelar tertinggi (juara dunia), meski ia melupakan itu. Paling dekat, kita lihat di Assen, pekan ini (25/6) Rezki

BAGIKAN