nhk

Jelang MotoGP Assen 2018: Reaksi Marquez Di Atas Jok RC213V Seperti ‘Kucing’

ManiakMotor – Ketangkasan bermain motor MotoGP dari Marc Marquez disebut reaksi ‘kucing’. Tahu sendiri kalau kucing ada maunya. Sayang nggak disebut kucing merah atau kucing hitam. Ah kedua karaktar kucing itu, sangat reaktif dan selalu tetap sasaran. Jarang kucing gagal kalau melompat dan menerkam. Nggak sebut kucing garong bro.

Begitu yang diandaikan Neil Hodgson, mantan pembalap juara dunia superbike 2003 dan sekarang jadi komentator. “Saya pernah jadi pembalap. Tapi yang dilakukan Marquez, jelas saya nggak bisa lakukan. Marquez sangat tangkas seperti kucing reaksinya, sedang saya terlalu lambat. Karena aslinya saya lambat,” kata Hudgson yang asli Inggris itu.

Dengan keterampilan bermotor yang sangat fleksibel dari Marquez, membuatnya mudah menyesuaikan dengan tipikal sirkuit. Trik ini selalu dia bawa ke setiap lintasan dan terutama pada sesi latihan bebas. Pada ujungnya mekanik pun cepat dapat setelan motor, karena sensor-sensor perangkatnya membaca di atas limit. Padahal saat lomba, pembalap tak akan mendorong motornya di atas limit, namun pada konsisten waktu rata-rata.

Hudgson sebenarnya bercerita reaksi Marquez saat FP4 di Catalunya. Hanya saja dia memperlebar di sana-sini sampai urusan juara dan rekor. “Ya iyalah. Marquez masih 25 tahun dengan juara dunia 4 kali di MotoGP, total titelnya pada semua kelas ada 6. Sementara tingkat tekniknya tinggi,” kata Hudgson seperti membandingkan dengan titel Valentino Rossi yang sekarang 9.

Hitung saja sendiri deh refleks Marquez ini apakah bertahan lima tahun ke depan? Ingat pembalap masa kini umur 30-an masih tangguh. Buktinya Rossi sendiri di umur 39 tahun mantap di papan atas MotoGP, bahkan masih mengincar gelar ke-10. Atau Jorge Lorenzo jelang 32 tahun masih jagoan. “Semua olahragawan top memiliki reaksi yang luar biasa. Tetapi Marquez lebih istimewa di atas moor. Itu yang membuatnya bisa menambah rekor kejuaraan,” analisa  Hodgson.

Tunggu saja sesuai kemampuan umur Marquez ke depan. Raider

BACA JUGA

Jelang MotoGP Assen 2018: Dovizioso Kecelakaan Dengan Motocross Di Negaranya

Jelang MotoGP Assen 2018: Nggak Mudah 3 Podium Rossi Dengan Kondisi M1, Kata Pakar!

Jelang MotoGP Assen 2018: Rossi Dan Lorenzo Saling Hormat Kok

Jelang MotoGP Assen 2018: Tahun Lalu Terakhir Rossi Menang Di Sirkuit Goyang Terus

 

 

BAGIKAN