nhk

Jelang MotoGP Assen 2018: Rossi Acuh Juara Seri, Strategi Kalahkan Marquez Di Klasemen

ManiakMotor – Ada perubahan dari diri Valentino Rossi soal juara seri. Era sekarang dengan umur 39 tahun Valentino Rossi acuh tak acuh akan soal itu. Dia nggak mau ngotot kudu podium pertama. Namun dia menikmati balapan papan atas dan di posisi mana pun dia podium.

Nuansa ini bisa saja akan menutup celah dengan Marquez di klasemen. Balapannya, bukan lagi tentang kemenangan. Tapi, “Rossi menikmati dirinya sendiri, tampak rileks. Yang penting dirinya sedang berkompetisi di MotoGP dan membalap, lalu naik podium walau tidak menang. Podium ini untuk membangkitkan semangat di umur 39 tahun,” analis James Toseland, mantan juara Superbike dan pernah di MotoGP, sekarang komentator.

Normalnya Rossi berada di posisi ke-6 ke bawah setiap lomba. Dia tidak akan jauh-jauh dari rekan setimnya, Maverick Vinales. Lantaran kondisi Yamaha M1 yang belum sembuh-sembuh. “Tidaklah mudah motor yang belum sesuai keinginan diajak bisa ke podium sekelas MotoGP. Tapi Valentino bisa podium,” tambah Toseland.

Kesimpulan Toseland, Rossi belum bisa diremehkan pada umurnya yang sekarang, termasuk nanti umur 40-an dengan kontrak 2019-2020. “Jika tuntutannya pada Yamaha segera teratasi, dia punya peluang bisa mengatasi Marquez di klasemen 2018. Itu tinggal tergantung dari Yamaha seberapa cepat memperbaiki M1,” tutup Toseland yang percaya Rossi saat ini nggak banyak berpikir soal juara yang justru jadi beban.

Siplah, ngomong-ngomong di balapan Assen nanti (29 Juni – 1 Juli 2018), setahun sudah Rossi belum juara. Sirkuit ini sangat khatam buat The Doctor. Semoga saja, bisa menutupi kelemahan motornya. Podium atau juara! MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Assen 2018: Marquez Masih Hitung 2 Ducati Di Klasemen

Pedrosa Terus Nego Dengan Yamaha, Penentuannya MotoGP Di Assen 2018

Jelang MotoGP Assen 2018: Reaksi Marquez Di Atas Jok RC213V Seperti ‘Kucing’