nhk

Jelang MotoGP Australia 2017: Rossi – Vinales Kibarkan ‘Bendera Putih’, Fokus Musim 2018

Rossi-Vinales, Yamaha, Motogp

ManiakMotor – Peluang Rossi mengejar juara dunia ke-10 pupus, sedang rekannya Vinales masih berpeluang. Tapi, cukup berat lantaran tertinggal 41 angka sama pemuncak Marquez (244). Cukup mengejutkan, keduanya sudah mengibarkan bendera putih dan konsentrasi ke 2018.

“Saya akan konsen soal masa depan daripada saat ini,” tegas Rossi usai Motegi, di Jepang. Karena, lanjutnya, kita sudah berada di laur pertarungan. Balapan sisa ini, fokus untuk tahun depan.

Catatan waktu dan hasil di Jepang, secara akurat mencerminkan situasi sulit. Rossi harus berhenti sebelum lomba usai akibat terjatuh, sedang Vinales finish di urutan kesembilan dan berada di belakang pembalap satelit Johann Zarco.

Ternyata, usai latihan terakhir FP2), Jumat The Doctor udah punya feeling sulit untuk bertarung. “Sangat tidak mungkin. Kami tidak punya pegangan belakang dan berjuang dalam kondisi campuran dan basah,” papar Vale.

Vinales sependapat dengan seniornya. Malah ia sepanjang tahun ini belum percaya diri di trek basah. Katanya, roda berputar terlalu banyak dan herannya, kami tidak bisa memcahkan masalah sepanjang musim.

Persoalan yang dihadapi Rossi dan Vinales bukan pada satu masalah saja (daya cengkeram belakang). Juga menyangkut soal sasis dan elektronik

Untuk pegangan, keduanya banyak berjuang saat tidak ada daya cengkeram. Trus, tidak mudah pula menemukan solusinya. “Ini sangat aneh. Michelin bilang tidak ada yang berubah. Sungguh aneh,” tegas Rossi.

Ia mengambil contoh Zarco. Dengan M1 2016, pembalap Prancis itu sangat cepat di basah. Tapi, tinggal empat lima lap terakhir, “Dia harus melambat tiga sampai empat detik satu putaran. Posisinya pun melorot dari empat jadi kedelapan. Artinya, kombinasi motor kami dengan ban belakang Michelin belum harmonis,” pungkas Rossi yang meminta para insinyur Yamaha harus fokus untuk M1 2018.

Wah, berarti Rossi nggak jadi pensiun dan lanjut dong kontraknya. Iya, lah biar ramai. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-motegi-2017-moto3-moto2-13-15-oktober-2017/

 

 

 

BAGIKAN