nhk

Jelang MotoGP Australia 2018: Skill Marquez Masih Akan Meningkat Dua Kali

ManiakMotor – Umur baru 25 tahun sudah mendapat gelar di semua kelas 7 kali. Predikat itu, ada lima kali di kelas para raja atau MotoGP. Di umur segitu, pengetahuan membalapnya masih jauh akan berkembang. Artinya berpeluang merontokan semua gelar balap motor dunia yang pernah ada di bumi.

Itu yang bicara Alberto Puig pada sosok Marc Marquez. Mantan pembalap dan guru racing itu, baru tahun pertama jadi manajer tim Repsol Honda, “Marc berpeluang mempelajari aneka teknik balap. Walau saat ini levelnya sangat tinggi dengan bukti juara dunia 5 kali di MotoGP, tapi masih ada satu atau dua tingkat kemampuannya bertambah,” papar Puig yang ngetop di Asia sampai ke Indonesia, lantaran jadi instruktur Asia Talen Cup yang banyak diikuti pembalap Indonesia.

Bahkan menurut Puig, skill Marquez saat ini, ada satu atau dua tingkat dari rata-rata pemain MotoGP. Gile… dan itu masih bisa diisi lagi dengan kedewasaan Marquez seiring umurnya bertambah. Macam mana, kalau meningkat lagi, seng ada lawan dong. Benar adanya dia Baby Alien, haha bukan manusia.

Tentu saja omongan Puig di Crashnet ini, berhubungan dengan gelar Valentino Rossi dan Giacomo Agostini. Agostini mengoleksi 10 kali juara dunia dari semua kelas dan Rossi 9 kali. Sedang Marquez sudah 7 kali. Saat ini, Marquez duduk di peringkat ke-5 dalam hal jumlah kemenangan lomba. Dia sudah mengalahkan jumlah kemenangan Jorge Lorenzo yang 68 kali. Marquez sudah 69 kali.

Lantas Puig membeberkan kecerdasan Marquez saat meredam Andrea Dovizioso di Jepang. “Strategi tidak buru-buru mengambil Dovizioso, itu sudah paling tepat. Karena Dovizioso pasti akan berusaha keras menunda juara Marc di Jepang. Dan kecerdesan ini masih akan meningkat,” kata Puig yang sudah sampai di Australia dan mengingatkan bermain di Australia adalah tantang yang berbeda. Miolo

BAGIKAN