nhk

Jelang MotoGP Austria 2018: Marquez Pilih RC213V Punya Stabilitas Pengereman

ManiakMotor – Empat RC213V yang ditest alias coba Marquez di sirkuit Brno, Ceko, lalu semuanya untuk geometri rangka. Kalau di sirkuit Brno, dia sudah bisa memilih di antaranya. Akan tetapi, di sirkuit Red Bull Ring – Spielberg, Austria, belum ada pilihan. Sebab sirkuit tersebut punya layout yang berbeda.

Yang jelas Marquez ikut memberi masukan dan sekaligus menguji stabilitas pengereman yang dibutuhkan di Austria. Karena tipe motor yang begitu dibutuhkan di sana, “Seperti yang dilihat, kami punya empat unit RC213V yang diuji. Semua motor itu memilki komponen baru dan sasarannya harus bisa menyehatkan ban depan ketika lomba. Tetapi belum tahu yang mana akan cocok dengan Austria?” komentar Marquez.

Maklumlah, sirkuit di Austria ini lebih suka dengan motor yang digeber putaran tinggi terus. Tentu yang dibutuhkan motor yang stabil dalam keadaan ‘terbang’. Dari kecepatan full itu, ada beberapa titik pengereman sampai lambat. Nah itu yang disebut Marquez butuh motor yang stabil saat direm deras.

Dari empat motor yang ditest di Brno, ada juga menggunakan rangka baru dengan hitungan geometri yang baru pula. Mesin sih sama. Tapi menurut Marquez nggak semua yang diuji untuk event-event terdekat, tapi untuk tahun depan. Alasannya, merek lain mampu mempertahankan keawetan ban lembut dengan jumlah lap yang banyak.

Marquez setuju, walau belum tahu yang akan tangguh di Austria, mereka sudah punya ancang-ancang basisnya. “Austria memang trek yang berbeda. Antisipasinya adalah motor yang sanggup menikung cepat. Di saat bersamaan, tetap asyik direm saat masih posisi menikung,” tutup Marquez yang saat ini memimpin 49 point dari posisi kedua ditempati Valentino Rossi.

Mainkan. Oka

BAGIKAN