nhk

Jelang MotoGP Belanda 2019: Rossi Wajib Juara Assen

ManiakMotor – Sejak 37 seri lalu Valentino Rossi terakhir juara. Tepat dua tahun berlalu di sirkuit Assen, Belanda 2017. Di situlah Rossi terakhir podium pertama. Keseluruhan dalam perjalanan 37 seri, Yamaha juga baru dua kali juara. Yakni, ditambah milik Maverick Vinales di Oztrali tahun lalu.

Dua pulu empat bulan kemudian dalam minggu ini Rossi datang lagi ke Assen untuk menjalani ronde 8 MotoGP pada 28 – 30 Juni 2019. Rossi harus menghembuskan keyakinannya bisa menang di sirkuit yang pas buat dirinya dan motornya. Disebut-sebut, elektronik sebagai kelemahan M1 bisa ditutupi kinerja mekanikal M1 dan karakter The Doctor.

Rossi sejak tes di Catalunya lalu kelihatan fokus memperbaiki M1-nya. Bahkan dia mengakui telah mempersiapkan M1 lewat simulasi set-up, “Kami coba menemukan pengaturan yang lebih baik terhadap kontrol traksi dari elektronik dan engine brake. Juga melakukan simulasi set-up untuk balapan berikutnya,” papar Rossi usai test di Catalunya tersebut.

Sudah terlalu lama Rossi nggak juara lagi, ya sejak 37 seri lalu itu. Kesempatan di Assen dengan disebut tadi, elektronik bisa ditanggulangi dengan cara Rossi membalap. Dia bisa beradaptasi dengan baik pada sirkuit yang tidak butuh pengereman ekstrem. Karena Assen  menggunakan akselerasi bersambung yang tidak memerlukan eksploitasi top speed dan upaya besar elektronik, dua titik lemah M1.

Rossi sendiri sudah 10 kali menang di Assen pada semua kelas dan 8 kali di MotoGP. Maka dari cara menaklukan Assen, Rossi nggak perlu diajari. Mana mungkin juga mengajari ikan berenang. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Jelang MotoGP Assen 2019: Quartararo Ingin Suksesnya Di Catalunya Berlanjut

Jelang MotoGP Assen 2019: GSX-RR Alex Rins Pakai Sasis Baru Hasil Modifikasi

Jelang MotoGP Assen 2019: Isu Utama Rossi, Butuh Lima ‘Gadda’ Di Yamaha

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353