nhk

Jelang MotoGP Brno 2017: Aspal Tua Dan Suhu Panas, Masih Masalah Buat M1 Rossi?

Rossi, ENEOS, Jerez

 

ManiakMotor – Panas dan aspal tua yang menjadi lawan Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Pada  jenis sirkuit itu, M1 sulit diajak cepat. Tidak ada kerjasama antara sasis, suspensi dan ban. SDM di tim masing-masing, juga tak bisa berbuat banyak pada set-up M1. Contohnya di Jerez dan Catalunya, kan.

Di sirkuit Brno, Ceko yang dipakai ronde 10 pada 6 Agustus 2017 usai istirahat panjang, ditenggarai hampir sama dengan Jerez dan Catalunya. “Dalam kondisi sirkuit begitu, saya lihat Valentino kesulitan menantang para anak muda. Aspal tua ditambah panas, memang berubah kurang cengkraman dan itu menguras stamina,” sebut Guido Meda, analis yang terkenal di televisi Italia.

Wah… analisa Meda ini mirip-mirip dengan maniakmotor.com, hehe. Memang yang punya andil bikin M1 ‘kepayahan’ di sirkuit macam itu, adalah ban Michelin yang belum seragam. Maksudnya, tipikal ban selalu berubah setiap ganti sirkuit. Toh, ban sulit disalahkan, lantaran semua pembalap menggunakan ban merek sama. Soal jenisnya, itu urusan pembalap dan para pendata yang menentukan.

Berarti rancang bangun M1 2017 juga punya andil. Terutama kalau menurut Rossi sasis yang kelewat rigid yang menjadi enak sekali saat ketemu aspal banyak grip. Sebaliknya kedodoran seperti sirkuit tadi. “Sejak awal hal itu sudah diingatkan Valentino. Namun, Yamaha tergoda oleh hasil tes Maverick. Itu wajar,” tambah Meda sembari bilang soal sasis ini sudah ditanggulangi dari markas racing Yamaha di Jepang.

Itu pun sasis ini hanya masalah Rossi. Vinales sendiri yakin, persoalan bukan dari sasis, tapi elektronik. Ya udah deh, coba buktikan saja di Brno andai suhu dan cuaca sama dengan di Jerez. Kalau begitu kondisinya, dan Rossi yang sukses, artinya pendapat The Doctor yang benar. Tahun lalu Rossi kedua di situ, namun dalam balapan basah. Miolo

BAGIKAN