nhk

Jelang MotoGP Brno 2017: Rossi Mencari Podium Tertinggi Di Ceko

Rossi, Catalunya, Motogp

 

ManiakMotor – Sejak juara di sirkuit Brno, Ceko pada 2009, sejak itu Valentino Rossi nggak pernah podium pertama di sana. Lepas dari tahun itu, dia sering naik podium dan tahun lalu kedua. Pembalap Italia ini gagal ke podium kecuali saat pakai Ducati.

Pergi ke ronde 10 di sirkuit yang sama tentu saja harapan The Doctor untuk mendapuk poin yang banyak. Kalau perlu ke-1 agar komposisi klasemen masih menyala-nyala. “Bisa saja juara. Karena setiap seri selalu saja ada kagetan. Termasuk dari diri saya sendiri,” jelas Rossi jelang GP Republik Ceko minggu ini.

Dari data Brno disukai banyak pembalap, termasuk Rossi. Sirkuit yang lumayan panjang (5.4 km) dan lebar. Ada 14 tikungan tapi dianggap belokan yang asyik dengan sudut chamber yang angka positifnya banyak. Motor seperti berlari di tong setan, karena ada sandaran aspal untuk menggelindingkan motor yang jadi ciri Brno.

Namun Rossi menyatakan harus mengoreksi ulang perbaikan-perbaikan dari markas racing Yamaha Jepang. Terutama pada perubahan frame atau rangka sesuai masukan Rossi. Dia akan membandingkan perubahan tersebut denga setelan M1-nya saat juara di Assen. Kalau pas, oke lanjut.

Kalau tidak, tentu masih menggunakan M1 yang juara di Assen. Itu pun dan sudah pasti akan disetel kembali sesuai maunya karakter Brno. Lha, kan memang begitu setiap ganti sirkuit. “Saya dan Maverick (Vinales) adalah pembalap yang selalu beurusan dengan perubahan dan pengembangan. Cara ini untuk usaha agar bisa juara di setiap sirkuit yang disinggahi dan paling utama lagi pada klasemen,” pungkas Rossi.

Maksudnya dalam situasi sekarang, nggak rugi menonton ronde 10 di Brno pada 6 Agustus 2017 nanti. Miolo

BAGIKAN