nhk

Jelang MotoGP Brno 2018: Insinyur Jawab, Perbaikan Ducati Lorenzo Tak Hanya Tangki Bahan Bakar

ManiakMotor – Di seri MotoGP Mugello seminggu sebelumnya tangki bahan bakar Ducati GP18 Jorge Lorenzo diganti. Penggantinya sesuai anatomi bagian selangkangan sampai paha Lorenzo. Diklaim JL, selain ergonomik menikung membaik perubahan bobot motor dari akselerasi sampai pengereman juga mantap. Makanya dia juara Mugello dan berlanjut ke Catalunya.

Tapi menurut Ducati, tak mungkin hanya dari tangki bahan bakar performa GP18 JL tiba-tiba oke. Motor JL punya peningkatan karena dikembangkan secara detil dari semua bagian sesuai gaya Lorenzo, “Ndak bisa dong, mencapai motor yang sesuai gaya Lorenzo hanya dengan desain tangki bahan bakar. Tangki adalah paket pelengkap membuat Lorenzo meraih kemenangan,” tegas Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna, General Manager Ducati Corse.

Contoh sebelum GP Prancis, Ducati buru-buru memperbaiki rangka GP18 Lorenzo. Memang saat itu, Lorenzo nggak berhasil juara. Sasis itu ditenggarai bagian dari perbaikan distribusi bobot dan rancangan satu paket dengan tangki beserta pengembangan-pengembangan sebelumnya.

Cerita ini kembali merebak karena tali-temali dari kontrak dan target untuk Lorenzo di Ducati. Contoh, Lorenzo sudah diultimatum Ducati agar berprestasi ketika di Le Mans. Gagal di Prancis, mereka sabar menunggu sampai Mugello. Juara di Mugello, langsung bos Ducati memanggil manajer Lorenzo untuk bicara kontrak, namun ditanggapi dingin. Sebab, sebelumnya Lorenzo diam-diam bikin kesepakatan dengan Honda.

Di saat sama sampai saat ini, Lorenzo menyesalkan terlambatnya langkah Ducati memperbaiki motornya, terutama tangki, hingga peluang juara dunia mengecil. “Marilah  semuanya untuk menahan bicara, lebih baik cerita ke depan,” tutup Gigi menenangkan. Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Brno 2018: Trend M1 Rossi Bagus Juara Dunia, Wajar Stoner Peringati Marquez

Jelang MotoGP Brno 2018: Jika Tanpa Elektronik, Rossi Yang Juara Mulu

 

BAGIKAN