nhk

Jelang MotoGP Brno 2018: Mesin Ducati Ok, Tinggal Pengembangan Sasis

ManiakMotor – Kalau evaluasi Ducati paruh musim termasuk menghadapi GP Brno, minggu ini hanya poles-poles sikit. Dari kecepatan dan manuver, data GP18 bisa lakukan perlawanan di aneka sirkuit. Persoalannya, konsentrasi mereka terbagi antara Jorge Lorenzo dan Dovizioso. Ditambah pula Dovi tiga kali dari 9 seri lalu nol point.

Ducati masih terus menguji sasis campuran dengan karbon. Maksudnya sasis alumunium yang ditambahkan dengan karbon. Diyakini, kawinan dua bahan ini bikin GP18 makin lincah. Kekakuan sasis yang dicari akan bisa didapatkan.

“Mesin telah menjadi titik kuat Ducati GP18 dibandingkan dengan motor tahun lalu. Ditambah dengan banyak berkembang pada area-area kecil. Bahkan pada sasis berhasil ditingkatkan yang tampaknya berjalan pada arah yang tepat. Padahal sasis ini menjadi kelemahan Ducati,” bangga Paolo Ciabatti, Ducati Sporting Director pada merek bermarkas di Bologna, Italia tersebut.

Disebut juga ada perbedaan konstruksi tangki bahan bakar, seperti milik Lorenzo yang berbeda. Karena katanya, Lorenzo memang ingin seperti itu untuk ergonomik memacu GP18 dan berhasil dengan dua juara seri.

Begitulah balapan. Jangankan tingkat dunia seperti MotoGP, kelas nasional saja riset dan pengembangan jalan terus. Lalai sebentar atau terlena, segara yang lain akan menyusul. Ducati sejak empat tahun ini terus dikembangkan dan mulai ada hasilnya di tangan Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna, General Manager Ducati Corse. MM

BAGIKAN