nhk

Jelang MotoGP Brno 2018: Rossi Dan Yamaha Beda Analisa, Bukan Melulu Elektronik

ManiakMotor – Rancangan Yamaha untuk 10 seri sisa paruh musim MotoGP 2018 memperbaiki keseluruhan pada M1. Bukan hanya elektronik yang selama ini jadi tuntutan Valentino Rossi yang didukung Maverick Vinales. Itu demi kejar juara seri yang sudah 19 seri lalu belum pernah dapat, terburuk sejak 2003.

Rossi dan Vinales berada di posisi 2 dan 3 klasemen 2018, mereka makin gencar meminta  perbaikan elektronik. Malah belakangan, insiyur elektronik ogah berhadapan langsung dengan Rossi. Setiap ada Rossi, mereka menghindar, karena diocehin terus perbaikan elektronik M1. “Persoalan ini hanya dari elektronik untuk akselerasi,” kata Rossi berulang-ulang.

Massimo Meregalli, Manajer Movistar Yamaha MotoGP, tetap menampung tuntutan pembalapnya, “Memang harus ditingkatkan. Tapi pebalap kebanyakan mengeluh tentang elektronik. Saya pikir, tidak semuanya masalah itu. Peningkatan harus pada semua area, ya elektronik, sasis, dan mesin. Harapannya usai libur singkat paruh musim kami akan terima paket yang bisa dongkrak tim,” kata Meregalli yang bicara eveluasi paruh musim di motogp.com.

Dari omongan sang manajer ada perbedaan antara tuntutan pembalapnya dan yang dikerjakan oleh para insinyur di Jepang. Pembalapnya yang merasakan, insinyurnya yang membaca data. Tapi biasanya sih akan ketemu. Karena akselerasi tuntutan Rossi intinya pada tenaga yang terbuang. Spin dan akhirnya merusak ban. Nggak bereenyawa dengan aspal.

Seperti dibilang Meregalli, terobosan saat ini sudah pada jalurnya. Mereka akan terus kejar di situ pada paruh musim tahun ini. “Motor saat ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, grip lebih baik, kendati masih kadang muncul problem tahun lalu. Kami masih memiliki celah peningkatan memperjuangkan gelar. Masih ada 10 seri sisa dan jika berhasil dapat ‘sesuatu’,  saya pikir paruh kedua musim ini sangat menarik,” tambahnya.

Buat Rossi dan Vinales sih, terserah dari bagian mana yang ‘dikorek’, asal bisa melakukan perlawanan. Cukup…! MM

BACA JUGA

Jelang MotoGP Brno 2018: Spesifikasi Swing Arm Karbon RC213V Marquez Disembunyikan!

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Begini Velentino Rossi Naik Matic 20 Tahun Lalu, Wheelie..!

BAGIKAN