nhk

Jelang MotoGP Brno 2018: Spesifikasi Swing Arm Karbon RC213V Marquez Disembunyikan!

ManiakMotor – Bukan diuji lagi, tapi sudah ke arah peningkatan swing arm karbon. Lengan ayun ini dipercaya untuk menambah selisih klasemen yang saat ini dimiliki Marc Marquez dengan 46 poin dari posisi kedua, “Kami telah menggunakannya sejak Valencia. Bahkan berlanjut ke tes di Thailand. Tapi saat itu, tidak ada yang bertanya, maka tidak perlu dijelaskan,” kata Marquez.

Repsol Honda Team Principal Alberto Puig menurut motogp.com seperti biasa membisu soal spesifikasi lengan ayun karbon tersebut. Dia lebih banyak bicara pada dasarnya untuk mempertahankan atau menambah keunggulan point di klasemen. Tentu saja untuk paruh kedua MotoGP 2018.

“Musim dingin di Jepang, insinyurnya melakukan banyak terobosan. Kami senang dengan cara mereka. Lalu menggunakan semampunya semua yang diberikan Jepang. Ada pengingkatan pada beberapa area, tetapi tahu sendiri, pembalap selalu menuntut yang lebih baik,” taka, eh kata Puig pada eveluasi timnya paruh musim.

Repsol Honda Team akan terus meningkatkan RC213V yang nggak disebut atu-atu bagian yang mana? Tapi ditenggarai dari swing arm, “Sama dengan pabrikan lain tetapi kisaran peningkatannya tidak begitu besar. Coba mendapatkan sesuatu hingga akhir tahun ini. Maklum pesaing makin kuat, kami nggak bisa lengah,” tambah Puig.

Dilihat dari 9 seri lalu, yang kabanyakan menggunakan lengan ayun karbon hanya Marquez, sedang Pedrosa lebih banyak pakai almu. Marquez pun di sesi-sesi latihan masih kadang membandingkan dengan almu. Tapi dengan karbon, kelihatannya – soalnya nggak diceritakan Puig – trik-trik Marquez makin jadi. Misalnya cara dia masuk tikungan yang sudah sangat tajam, bisa dilakukan lebih tajam lagi.

Dasarnya, dari lengan ayun ini kekakuan (stiffness) bagian belakang yang dikejar. Di saat sama lengan ayun juga bagian dari suspensi belakang. Lengan ayun juga penentu sumbu roda. Kan lincah tidaknya motor, juga ditentukan lengan ayun. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Brno 2018: Rossi Dan Yamaha Beda Analisa, Bukan Melulu Elektronik

BAGIKAN