nhk

Jelang MotoGP Brno 2019: Persoalan Buat Honda Jika Marquez Pindah Merek

ManiakMotor – Ada sindiran menarik dari Ducati buat Honda saat mereka mengungkit kontrak Jorge Lorenzo. Saat itu yang bicara petinggi Ducati yang merasa ‘iba’ melihat Lorenzo yang jatuh bangun dan cidera mulu beradaptasi dengan RC213V. Sebab, RC213V telah terfokus dikembangkan buat Marc Marquez dan hanya dia yang sanggup geber Honda.

Ada benarnya mengingat para pengguna Honda lain juga nggak bagus-bagus amat posisinya setiap bertanding. Di paruh musim MotoGP 2019, Marquez boleh memimpin klasemen, tapi Honda lainnya yang diwakili Cal Crutclow (LCR Honda) hanya ke-9 di klasemen. Kalah dia dari pemain satelit Ducati dan Yamaha.

Padahal, Crutclow dianggap pelapis dari pabrikan Honda yang menggunakan motor setara Marquez. “Jujur saja saya pernah di Yamaha dan Ducati. Tapi menggunakan RC213V memang agak sulit belok. Terutama bagian depan. Memang harus ditekuk benar untuk masuk tikungan. Menikung begitu bukan gaya saya, tapi gayanya Marc. Marc memang hebat dan berhasil membawa Honda. Tapi bukan berarti pembalap lain jadi korban,” kritik Cruchlow yang dikenal omongannya sulit ‘direm’ dan dari omongannya dia tahu RC213V memang pengembangannya terfokus pada Marquez.

Sebenarnya Lorenzo dan Crutchlow sudah mengusulkan untuk segera mengubah kekakuan sasis, agar semua pembalap Honda bisa membawa RC213V dengan luwes. Rupanya usulan tersebut diterima dengan munculnya sasis pada beberapa bagian menggunakan karbon. Sayang, itu sasis hancur di Assen saat Lorenzo terjatuh.

Memang sih untuk saat ini Honda masih bisa lega, lantaran Marquez jaminan juara dengan sayap tunggal. Tapi jadi persoalan, bila Marquez hengkang dari Honda. Siapa yang bisa menerka arah Marquez yang seorang juara baru teruji jika juara juga pakai merek berbeda. Dan belakangan Ducati mulai mengembuskan tertarik dengan anak Spanyol ini.

Dan soal jika Marquez tiba-tiba cabut dari Honda, sudah ada contohnya. Lha, Lorenzo saja yang sudah tiga kali juara dunia MotoGP, jatuh bangun menyesuaikan dengan Honda ketimbang dengan Ducati. MM

BAGIKAN