nhk

Jelang MotoGP Catalunya 2017: Gawat Benar..! Michelin Bisa Setel Siapa Yang Akan Juara

 

ManiakMotor – Gawat tudingan dari Cal Crutchlow (LCR Honda) di Mugello penyedia ban  membuat khusus untuk Ducati. “Mereka (Michelin) mau, Ducati berjaya di negaranya sendiri di hadapan penontonnya,” begitu tudingan pembalap Inggris yang sudah beredar di dunia maya di Eropa sana.

Data kecepatan sampai 23 lap di Mugello 2017

Tidak ada analisa lebih dalam soal ban khusus Ducati yang akhirnya Andrea Dovzioso menang di Mugello minggu lalu. Tapi ada logika sikit-sikit kalau mau ditelusuri. Ducati di Mugello bisa dua podium yang pertama dan ketiga lewat Danilo Petrucci. “Nah itu yang mencurigakan juga,” tambah Cal yang entah hal biasa bagi yang kalah cemburu pada yang menang, haha.

Selanjutnya pada penggunaan jenis ban saat tarung di Mugello. Ducati Dovizioso memilih medium-medium dan lawan terdekat Maverick Vinales dan Valentino Rossi dengan hard-hard. Logikanya, medium akan habis duluan dalam duel seperti Mugello, yang sebenarnya Dovi pula tertekan. Dia nggak jauh dari Vinales. Okelah Rossi mengaku kambuh strateginya, eh maksudnya rasa sakit dari bekas kecelakaan motocross.

Tapi apa yang terjadi? Data Ducati Dovizioso sepertinya nggak kehabisan kompon sampai lap terakhir. Itu dibanding Vinales yang pakai hard sejatinya bisa cetak lebih baik dari Dovi di akhir-akhir lap. Ini tidak! Di lap 23 atau terakhir, Dovi masih bisa mencetak 1 menit 47.800 yang dibandingkan dengan Vinales di lap-lap akhir sulit melampui catatan tersebut, silakan lihat data Chronological Analysis of Performances dalam race yang dikeluarkan motogp.com untuk Dovi dan Vinales.

Tuduhan Cal ini memang akan jadi garing kalau dengar alasan Dovi dan Vinales. Dovi mengaku tak pernah bikin kesalahan dan bisa memanajemen ban dengan tepat. Sementara, Vinales sudah bersyukur bisa kedua karena saat balapan beberapa kali melakukan kesalahan. Dan masih ‘ngeper’ saat terjatuh di sesi sebelumnya.

Andai benar tudingannya, mengingatkan ketika Michelin masih bersaing dengan Bridgestone dalam satu lintasan. Saat itu, Rossi mendapat perlakukan khusus dari jajaran pengguna Michelin. Ban Rossi bisa dicetak di sirkuit sesuai kondisi suhu saat lomba. Tapi ngomong-ngomong ban untuk tahun ini, Rossi di Jerez kena batunya ndak bisa berbuat apa-apa.

Kalau benar juga ocehan Cal, berarti Michelin bisa menyetel siapa yang menang dan siapa yang kalah setiap seri. Wah gawat….! Sampai saat ini belum ada jawaban dari Michelin. Kalau ada pun, pasti bantahan. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN