nhk

Jelang MotoGP Catalunya 2017: Sirkuit Barcelona Bagi Dua, Buat RC213V Dan M1

ÿþ

 

ManiakMotor – Tahun lalu dalam pertarungan panjang antara Valentino Rossi dan Marc Marquez, sirkuit Catalunya di Barcelona, Spanyol, memang dibagi dua buat mereka. Dari empat sektor sirkuit  sepanjang 4.7 km dengan 16 tikungan (9 kanan dan 7 kiri), dua sektor milik Rossi atau M1, dua lainnya milik Marquez atau RC213V. Kebetulan Rossi saat itu ke satu dan Marquez yang runner-up.

Sektor 2 dan tiga milik M1 dan sektor 1 dan 4 milik RC213V. Di saat sama, tahun ini sektor 4 terutama tikungan 14 – 15 sudah dibikin chicane atau tikungan S. Perubahan ini dari buntut kecelakaan almarhum Luis Salom. Dengan bentuk begitu, run off di area tersebut lebih luas. Tikungannya nggak berhadapan dengan tembok lagi.

Menurut Jorge Lorenzo, dengan berubahnya tikungan tersebut malah menguntungkan Honda. Ya memang, tahun lalu sektor tersebut Honda menang dari Yamaha yang digeber Rossi dan berlanjut ke sektor pertama. “Kalau sekarang, Honda akan lebih lincah mengambil tikungan tersebut,” kata Lorenzo pada sirkuit yang akan digunakan dalam rangka ronde 7 yang sesi latihannya sudah dimulai 9 Juni 2017.

Melihat sampai seri 6 di Mugello, motor cenderung tergantung pada ban untuk dapat enaknya. Berarti bannya sendiri belum linier seperti Bridgestone, dulu. Coba ingat, apa sih kurangnya M1 di Jerez yang tahun lalu sangat jago, tapi tahun ini malah kesulitan dengan alasan ban. “Sama juga dengan Catalunya yang ada perubahan aspal tapi hasilnya masih agak licin,” komentar Rossi yang barusan bicara siap berlaga di Catalunya dan ingin podium.

Jika ban oke dan dua merek dapat setelan Catalunya, mesin dan cara bawa joki penentunya. Sejak berubah dengan ECU seragam, Honda memang berkurang pada akselerasi di tikungan-tikungan pendek yang berdekatan. Tapi lumayan di putaran menengah ke atas. M1 dengan ECU sekarang  malah cenderung hebat akselerasinya. Macam dari 2 dan 3 jadi di Catalunya itu, pas dengan Rossi dan mesinnya. Sedang sektor 4 menuju ke sektor 1 tetap milik Honda yang bertekad membalik keadaan di Catalunya. Asal jangan sampai Ducati lagi yang menang seperti di Mugello, hehe. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

 

BAGIKAN