nhk

Jelang MotoGP Catalunya 2018: Marquez Ingatkan Lorenzo, Honda Beda Dengan Yamaha

Marquez dan Lorenzo dipertemukan di Catalunya

ManiakMotor – Honda berbeda dengan Yamaha. Mungkin hampir mirip dengan Ducati. Itu sambutan yang dibicarakan Marc Marquez akan kedatangan Jorge Lorenzo tahun depan dan menetap di Honda untuk masa kontrak dua tahun.

Omongan tersebut dilontarkan Marquez saat dia muncul di Catalunya, Spanyol pada Rabu 13 Juni 2018 untuk menghadaupi ronde 7 MotoGP di tempat tersebut. Marquez langsung berhadapan dengan beberapa wartawan dicecar pertanyaan masuk Lorenzo ke Honda. itu otomatis satu tim dengan dirinya.

Penekananan paling jelas pada perbedaan tiga motor tersebut. Dua sudah dilewati Lorenzo, yakni Yamaha dan Ducati, tinggal Honda, “Honda itu menurut saya malah sedikit mirip dengan Ducati. Tetapi jauh berbeda dengan Yamaha. Buat sekelas Jorge, karena dia dari Ducati juga, mungkin membantunya untuk adaptasi  butuh 1 hari, 1 seri atau 1 tahun,” kata Marquez yang tetap menyambut Lorenzo masuk ke Honda.

Yamaha M1 memang model konfigurasinya mesinnya inline atau sejajar. Basisnya memang beda dengan Honda RC bermesin V. Otomatis karakternya berbeda. Tetapi tetap keduanya punya cita rasa mesin terhadap momen puntirnya yang lincah bersama bodywork, khas Jepang.

Honda dipersamakan dengan Ducati menurut Marquez, mungkin konfigurasi mesin yang sama-sama V. Namun kan, khas Eropa yang terlalu ‘nyaman’ sehingga menghilangkan kelincahannya di trek dengan tikungan yang berdekatan. “Saya bercerita hanya mungkin. Kini Jorge akan ke Honda. Itu berguna buat Honda lantaran punya pembalap kuat. Buat saya, yang penting aman bersama tim lama. Juga punya teman tim yang kuat,” papar Marquez.

Marquez saja masih bicara mungkin, karena dia sendiri juga belum pernah ke Yamaha atau ke Ducati? Sedang Lorenzo, sejak awal karir ke MotoGP langsung dengan motor Jepang. Pengalamannya bertambah dengan dua tahun di Ducati. Selanjutnya lihat saja apa yang terjadi dengan Lorenzo di Honda. Itu masih lama, tahun depan. MM