nhk

Jelang MotoGP Catalunya 2018: Pedrosa Pembalap Tanpa Juara Awet Di Tim Elit Honda

ManiakMotor – Dani Pedrosa potret pembalap tanpa gelar bisa bertahan lama di tim pabrikan, elit pula. Kan biasanya, tanpa gelar, dua tahun usai kontrak langsung dibuang. Tapi Pedrosa sangat awet sampai umurnya pensiunan, baru ditendang Honda. Itu pun karena pengaruh Alberto Puig yang mantan pelatihnya, tapi peranah ‘berselisih’ dengannya dan  sekarang jadi manajer Repsol Honda Racing Team.

Wajar HRC menganggap Pedrosa adalah pembalap setia. Sejak masuk ke grand prix dilaksanakan Dorna dia sudah bersama Honda. Diawali dengan GP125, lantas dua kali juara di GP250 (2004-2005) bikin HRC makin yakin dia sangat berbakat. “Kini saatnya saya berpisah. Saya ingin punya tantangan berbeda,” sebut Pedrosa setelah 13 tahun di MotoGP dan terus dengan Sayap Tunggal.

Posisi Pedrosa langsung kuat sejak dia masuk MotoGP, karena kemampuannya di GP250. Bahkan riset khusus untuk RC213V dibuat untuk dirinya lantaran bertubuh lebih pendek dari rata-rata pembalap MotoGP. Grip rodanya yang tak sekuat lawan yang lebih berat bobotnya, direkayasa oleh HRC pas dengan Pedrosa. Termasuk konstruksi rangka agar Pedrosa nyaman.

Masuk di MotoGP 2006 di akhir klasemen ke-5. Pada 2007 Pedrosa hanya jadi runner-up, kalah dari Casey Stoner yang saat itu lagi bagus-bagusnya dengan Ducati. Padahal si Stoner ini di GP250 sering dikalahkan Pedrosa. Makanya, HRC makin penasaran dan tetap melanjutkan kontraknya dengan Pedrosa durrasi sampai 2009. “Tapi sekarang saya akan mengumumkan resmi perpisahan dengan HRC,” komentar Pedrosa yang pengumuman perpisahanannya disiarkan langsung oleh MotoGP.Com pada Kamis 14 Juni 2018 dari Catalunya.

Posisi Pedrosa di HRC makin kuat dengan datangnya Shuhei Nakamoto. Nakamoto inilah yang kerap mendahulukan Pedrosa. Sebenarnya, Pedrosa 2010 punya peluang, sayang lagi-lagi hanya runner-up kalah dari Jorge Lorenzo. Demikian juga 2012, kalau doski tidak gegabah di Australia, niscaya Pedrosa jadi juara dunia. Sayang dia jatuh dan pointnya disalip Lorenzo, lagi.

Usai itu, yah kalah tenar dengan Marc Marquez yang mulai masuk ke HRC 2013 langsung nonjok juara. Oke deh, saksikan saja pengumuman Pedrosa pada pukul 16.15 di sana atau sekitar jam 21.00 WIB di sini. Apa rencana pembalap Spanyol ini setelah lepas dari Honda. Tapi Pedrosa telah membuktikan tanpa juara bisa lama di tim sekelas Honda, 13 tahun bro. MM

BACA JUGA

GP Spanyol 2018: Pedrosa Out Dari Honda, Bocorkan Trik Setingan Catalunya

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Catalunya 2018: Rossi Tetap Mainkan Mekanis M1, Umurnya Sanggup..!

Jelang MotoGP Catalunya 2018: Debon Soal Lorenzo, Yamaha Ditinggal Krisis, Ke Ducati Langsung ….

 

 

BAGIKAN