nhk

Jelang MotoGP Catalunya 2018: Rossi Vs Lorenzo, Ada Marquez Dan Dovizioso Di Barcelona

ManiakMotor – GP Catalunya di Barcelona, Spanyol, menyimpan banyak duel-duel berkesan MotoGP. Salah satunya Valentino Rossi – Jorge Lorenzo pada 2009. Itu duel cantik yang pasti diingat para pecinta MotoGP. Saat  itu percik permusuhan belum parah antara kedua pembalap yang saat itu membela Yamaha Factory Team. Tapi, suhu rivalitas sudah mendidih di lintasan.

Sekarang, terutama saat di Mugello 2018, keduanya terlihat akrab, sangat akrab malah. Bahkan keduanya janjian menggandeng pasangan berlibur ke Venesia. Juga keduanya bukan lagi sosok terkuat seperti 2009. Lorenzo masih ‘belajar’ dengan Ducati dan baru dapat ritmenya di Mugello dan Rossi masih sibuk dengan elektronik M1-nya. Belum lagi kekuatan lain dari Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Wah berarti menarik dong… ada empat pembalap yang bertarung rapat. “Harusnya menarik. Ducati seperti dilihat di Mugello, bukan tidak mungkin akan melakukan hal sama di Catalunya. Saya sendiri masih harus memperbaiki grip ban M1 di sana,” kata Valentino Rossi yang sebenarnya menjagokan Lorenzo di Catalunya pada minggu ini yang lombanya 17 Juni 2018.

Sirkuit Catalunya sendiri memang model lintasan yang enak dilihat bila motor MotoGP sudah meluncur di situ. Desainnya – dengan kecepatan MotoGP – membuat motor seperti tiduran terus. Karena aslinya chamber tikungan lebih miring seperti landasan ‘tong setan’. Sebab sirkuit ini juga digunakan untuk mobil F1.  Panjang trek ini menjadi 4.627 meter (tadinya 4.727 meter) dengan 14 tikungan 6 ke kiri dan 8 ke kanan.

Waktu tempuh memang lebih singkat, pasca Luis Salom pembalap Moto2 yang tewas tahun lalu sebelum tikungan terakhir. Diubah lebih pendek, agar run off pada tikungan yang bikin Luis Salom menabrak tembok jadi lebih luas. Namun itu tak menghilangkan karakter Catalunya.

Salip-salipan di sini memang rutin terjadi. Seperti gambaran awal duel Lorenzo-Rossi pada 2009. Ada tiga spot yang rutin untuk over take, yakni T1, T5 dan awal masuk area ke-3 yang tepatnya T10.

Dari data empat tahun berlalu ada empat pembalap yang menang di sini. Yakani 2014 Marquez, 2015 Lorenzo, 2016 Rossi dan tahun lalu Ducati dengan Andrea Dovizioso. Keempat yang disebut ini punya kans. MM