nhk

Jelang MotoGP Catalunya 2019: Sirkuitnya Top Speed, Ducati Ditantang Honda Lagi..!

ManiakMotor – Pokoknya kalau sirkuit bekas dimenangi Ducati, itu artinya lintasan top speed. Paling tidak, mengandalkan mesin putaran menengah ke atas. Seperti sirkuit Catalunya di Spanyol. Tahun lalu juga dimenangi Ducati lewat Jorge Lorenzo dan tahun sebelumnya lagi juaranya Andrea Dovizioso.

Catalunya yang letaknya 20 km timur laut kota Barcelona tersebut kandangnya para joki Spanyol. Namun, lintasan 4,6 km dengan menikung ke kiri enam kali dan ke kanan delapan kali dengan lurusnya 1.047 meter golongan sirkuit cepat. Memang, kecepatan rata-ratanya nggak secepat Mugello, tapi masih sirkuit cepat. Catalunya rata-rata top speed 165 km/jam dan Mugello 175 km/jam.

Kira-kira sirkuit ini di tengah antara Qatar dan Mugello. Qatar kecepatan rata-ratanya 155 km/jam. Tapi Qatar sendiri tahun ini dimenangi Ducati, “Memang agak berbeda GP19 dibanding motor tahun sebelumnya. Ada sedikit pengurangan power trek lurus, tapi area lain membaik,” kata Dovizioso menjelaskan basis GP19.

Mirip-mirip dengan pernyataan Marc Marquez (Respol Honda Team) yang dilihat dari Mugello, motornya sangat meningkat di top speed. Kata Marquez kekuatan motornya kembali ke Big-Bang tujuannya untuk kecepatan puncak. “Bagian ini (top speed) telah dikerjakan dengan serius untuk melawan Ducati,” kata Marquez yang saat ini sedang memimpin klasemen.

Ducati seperti pernyataan Dovizioso ditujukan pada sirkuit-sirkuit seperti Qatar dan Catalunya. Di Qatar sudah terbukti juara. Di Catalunya dua tahun ini mereka kuasai. Sedang, Marquez ada fakta bisa mengimbangi top speed Ducati di Mugello. Artinya, bisa terulag Ducati lawan Marquez di Catalunya. Bukan Ducati vs Honda, karena Jorge Lorenzo masih sibuk berkonsultasi dengan insinyur HRC di Jepang.

Tapi asal tahu saja, justru Yamaha lewat Valentino Rossi dan Lorenzo yang sukses di Catalunya. Rossi tujuh kali menang di situ dan Lorenzo lima kali dengan empat kali pakai Yamaha dan sekali pakai Ducati Márquez finis kedua di GP Barcelona tiga kali berturut-turut, dan hanya menang sekali di MotoGP 2014.

Kalau begitu, balapan di Catalunya akan seru..! MM

 

BAGIKAN