nhk

Jelang MotoGP Catalunya: Lin Jarvis Umumkan, Mesin Yamaha M1 2020 Bermasalah..!

Jarvis saat mengumumkan resmi di GP Catalunya

ManiakMotor – Ini tulisan-tulisan dari media luar. Disebut katup Yamaha M1 bermasalah untuk edisi 2020. Catat ini telah  terdeteksi lewat tiga masalah dari mesin. Pertama dari M1 Valentino Rossi di Jerez-1. Lalu Franco Morbidelli di Jerez-2. Termasuk Maverick Vinales di FP3 Jerez-2.

Yamaha segera mengidentifikasi pengiriman kinerja katup setelah mesin-mesin yang rusak dikirim ke Jepang. Yamaha curiga pada panas ektrem di Jerez mencapai 42ºC adalah penyebabnya. “Temuan itu sangat mengejutkan. Kami telah mengajukan permintaan untuk menggantinya. Sayangnya, kurang bukti yang diperlukan untuk meyakinkan produsen agar memberi kami izin untuk melakukannya,” ungkap Lin Jarvis Bos Moster Energy Yamaha MotoGP saat mengumumkan resmi masalah Yamaha tersebut di motogp.com.

Jarvis menggumumkan resmi pada Kamis 24 September 2020 di ruang pers sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol dalam rangka menyambut ronde 8 MotoGP di situ. Event ini akan mulai latihan bebas pada Jumat 25 September dan race-nya 27 September.

Lanjut Jarvis, setelah gagal dapat izin untuk membongkar mesin, “Kami coba cari cara untuk menangani masalah. Di satu sisi ada bagian mekanis yang tidak bisa diubah, tapi di sisi lain ada aspek yang bisa dikembangkan, seperti elektronik, sistem pembuangan (knalpot), dan sistem manajemen,” lanjut Jarvis.

Jarvis berjanji sesuai analis dilakukan oleh teknisi Jepang, kasus itu tidak akan pernah terulang lagi di masa mendatang. Makanya, Jarvis mengaku tetap menggunakan mesin yang sama 2021. Karena problem teknis hanya menyangkut katup tertentu.

“Saya menolak tahun ini mengatakan musim yang buruk, tapi memang telah kehilangan peluang. Padahal, peluang itu banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di mana kami ada pesaing Marc (Marquez) mendominasi dengan Honda-nya. Mari kita hadapi, kenyataan sulit ini!”

Berarti rumor selama ini, untuk meredam supaya katup bekerja sampai finish, para insinyur Yamaha mengakali dari putaran mesin. Dari data pada putaran tinggi M1 berkurang 500 rpm ketika mereka tampil di Brno. Begitu yang terdeteksi oleh para pengamat.

Makanya nilai kecepatan tertinggi M1 sangat buruk di Brno dan Spielberg. Beberapa pernyataan dari pembalap memang tertekan di situ, “Saya sangat sulit mengimbangi putaran tinggi lawan-lawan,” tutur Rossi ketika di Spielberg yang memang butuh putaran tinggi.

Tentu saja, di Catalunya minggu ini yang trek lurusnya 1.047 meter. Untungnya, awalan lurusnya nggak menuntut top speed segera karena tikungan terakhir dan pertama berkarakter lambat.  Sekali lagi, lihat hasil akhirnya. Miolo

BACA JUGA

Jumpa Pers MotoGP Catalunya 2020: Konsisten Isunya Paruh Kedua, Dovizioso, Vinales Dan Mir..!

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Jelang MotoGP Misano-1 2020: Mesin M1 Masalah Pada Katup, Putaran Mesin Dikebiri 500 rpm..!

Jelang MotoGP Catalunya 2020: Empat Joki Beda 4 Point, Itu Pun Enteng Bertukar..!

Jelang MotoGP Catalunya 2020: Marc Marquez Luruskan RC213V Bukan Hanya Untuk Karakternya..!l

Jelang MotoGP Catalunya 2020: Akhirnya Quartararo Minta Maaf..?


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353