nhk

Jelang MotoGP Italia 2017: Andrea Iannone, Mugello Akhir Pekan Yang Sulit, Podium?

ManiakMotor – Tim Ecstar Suzuki seperti menyesal melepas kepergian Maverick Vinales ke Yamaha dan memberi jok GSX-RR kepada Andrea Iannone sebagai pembalap pertama. Padahal, tahun lalu Suzuki mampu jadi “pemisah” persaingan Yamaha-Honda. Musim ini, nasibnya sungguh mengenaskan.

Kalau dituding salah motor, nggak juga. Bukti paling hangat, saat balapan di sirkuit Bugatti (Le Mans), Prancis sebagai ronde kelima. Suzuki GSX yang ditunggangi Vinales berhasil finish ketiga dan sekali lagi di Phillip Island. Malah, pembalap Spanyol itu menghadiahkan podium pertama di Inggris.

Artinya, Suzuki GSX-RR punya performa cukup bagus. Hanya, Iannone belum bisa beradaptasi secara maksimal. Ia mesti mengubah gaya balapnya yang ‘fighter’ dan bukan motor harus mengikutinya. Buktinya, ketika di Qatar dan Jerez ia terjatuh.

“Saya tidak melebihi kemampuan, ketika coba menekan sedikit, risiko kecelakaan besar,” bela pembalap yang dijuluki “Maniac”. Ia mengaku punya kendala sama rem, sehingga sangat sulit untuk menyalip karena di titik pengereman tidak kuat.

Belum lagi soal kecepatan di awal lomba. Keluhan Iannone, dengan tangki bahan bakar penuh, motor tidak laju dengan baik. Walau ia bisa memperbaiki waktu putaran dibandingkan tahun lalu.

Mengenai balapan di Mugello, pekan depan (4/6), “Ini pasti akhir pekan yang sulit. Tapi, kami tidak akan menyerah karena masih berada di kelompok yang kuat,” tutup Iannone yang tahun lalu podium ketiga sama Ducati. Rezki

BAGIKAN