nhk

Jelang MotoGP Italia 2017: Nih, Kenangan Manis, Pahit, dan Kekecewaan Rossi Di Mugello

Rossi, mugello, motogp
Pendukung Rossi di Mugello sulit ditandingi pembalap lain

ManiakMotor – Pantas Valentino Rossi begitu ngotot harus ke Mugello. Karena sirkuit berjarak 5,245 km dengan 15 tikungan dan satu trek lurus cukup panjang punya historis; kenangan manis, kekecewaan, dan penghianatan. Tidak ada di trek manapun di planet ini, puluhan ribu pendukung dengan bendera kuning bersorak untuk dirinya. Makanya, MotoGP Italia merupakan momen buat The Doctor untuk bersinar.

Ikatan dengan trek Tuscan (nama lain Mugello) bersama penonton yang mulai dirajut Rossifumi pada 1996 tidak dapat dipecahkan sampai sekarang. Rossifumi julukannya saat masih turun di kelas 125 karena ia pengagum pembalap Jepang Norifumi “Norick” Abe dengan rambut gondrongnya.

Rossi saat menang pertama kali di Mugello distop polisi. Lelucon saja

Turun dengan Aprilia RS125 di tahun pertama (1996) ia finish keempat. Tapi, tahun berikutnya podium pertama dinaikinya setelah melibas Jorge Martinez dan Garry McCoy (Australia). Di Mugello pula insiden tidak sengaja dilakukan Rossi pada 1999 saat berlaga di kelas 250 cc (sekarang moto2). Ketika ribuan penonton masuk lintasan, ia tak disengaja menabrak Gigi Soldano sampai tersungkur ke aspal. Beruntung, sang fotografer Rossi sendiri tidak mengalami luka serius.

Naik kelas dari 250 cc ke GP500 pada 2000 Rossi harus menunggu dua tahun untuk menghilangkan rasa haus kemenangan para pendukungnya. Penebusan itu diraihnya pada 2002 atas Max Biaggi yang diunggulinya dua detik. Manariknya, sampai di garis finish Rossi dihentikan oleh polisi karena ngebut. Itu adalah salah satu bentuk lelucon untuk penggemarnya.

Mulai 2002 itulah, Mugello tidak pernah lepas dari genggaman Rossi sampai 2008 alias menang tujuh tahun berturut-turut. Dua awal ditorehkan bersama tim Honda, selebihnya sama Yamaha. Namun sejak 2009 sampai sekarang pula ia belum pernah lagi menyejukkan hati penggemarnya dengan niak podium pertama.

Itu kekecewaan pertama Rossi. Mugello pula yang mematahkan tulang kering dan fibula saat latihan bebas (FP3) membuatnya tidak balap dan bahkan kehilangan tiga seri berikutnya. Kekecewaan paling pedih dan dianggap sebagai penghianatan, pada tahun lalu. Podium pertama sudah di depan mata, tiba-tiba mesin M1 jebol.

Nah, pekan ini (4/6), Mugello kembali menanti dengan harapan kemenangan pertamanya. Meski The Doctor dalam kondisi tidak 100% fit akibat terjatuh dari motocross. Rezki

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353