nhk

Jelang MotoGP Italia 2017: Rossi Suka M1 Kencang Di Le Mans, Juga Terjadi DI Mugello

46 Rossi MotoGP Lemans2017

 

ManiakMotor – Valentino Rossi sudah cerita race berikutnya, walau masih banyak mengenang peristiwa doski jatuh di sirkuit Le Mans. Katanya, di last lap Le Mans, kesalahan sudah terjadi di tikungan atau turn (T) 6. Di situlah awal berantakan permainannya di lomba  ronde 5 MotoGP tahun ini. Terlalu melebar saat menikung kanan yang dimasuki Maverick Vinales.

Menurut Rossi keluar dari T5 dia memang lebih tinggi top speed-nya menuju T6 lebih tinggi. Titik pengereman di area masuk T6 tetap pada biasanya, maka motornya sulit dihentikan yang sejurus kemudian melakukan kesalahan tadi. “Ini pelajaran pada ronde berikutnya. Karena diceritakan seperti apa pun, point sudah hilang di Le Mans,” sebut Rossi yang memang mengaku sedih lantaran di Lemans itu permainannya yang ciamik.

Rossi menyangkan jatuhnya tersebut yang sampai saat ini belum dia mengerti betul. Biasanya penyebab jatuh kebanyak kehilangan grip depan. “Tapi ini malah dari roda belakang. Sekali lagi, setiap ada yang jatuh pasti dia melakukan kesalahan. Itu yang harus dicari selanjutnya juga,” tambah Rossi.

Rossi sendiri berharap motornya di seri-seri berikutnya performanya seperti dari pertengehan sampai -akhir lap di Le Mans. Terutama dari 14 dari 28 lap tersedia, motornya jadi ‘kencang sendirinya’. Lalu satu lap berikutnya mencetak 1’32.373. Itu fastest lap atau terkencang dari semua pembalap di Le Mans. Tapi fatest lap itu dipatahkan Vinales lantaran kebut-kebutan dengan Rossi menjadi 1’32.309 di lap terakhir.

Sebelum itu Rossi mengaku kesulitan. Karena itu dia agak kelamaan melewati Johan Zarco. “Keseimbangan motor bagus saat itu. Ini harus dimanfaatkan di seri-seri mendatang termasuk di negara saya,” tutup Rossi pada lomba yang akan berlangsung di Muggelo, Italia pada 4 Juni 2017. Miolo

BAGIKAN