nhk

Jelang MotoGP Jepang 2018: Motegi Penting Buat Rossi Dan Vinales

ManiakMotor – Yamaha dengan dua pembalapnya, tak mengejar juara dunia lagi. Palingan Valentino Rossi mempertahankan posisi ke-3 atau mengejar posisi kedua. Maka bukan itu yang membuat mereka ke sirkuit Motegi, Jepang yang sesi latihan bebasnya sudah mulai 19 Oktober itu, bersemangat dan sangat berharap.

Penting buat Rossi dan Maverick Vinales beserta jajaran Yamaha bermain di negera pembuat garputala tersebut. “Di Jepang penting buat kami untuk melihat kenyataan. Apakah M1 yang bagus di Thailand akan sama bagus saat pindah sirkuit,” papar Rossi yang pulang dulu ke Italia. “Bila kecepatan kami bisa setara Thailand di Jepang, artinya kami sudah meningkat,” timpal Vinales.

Berarti masih ada keraguan buat Rossi dan Vinales, itu harus dibuktikan pada race selanjutnya di Jepang. Kedua pembalapnya setuju di saat menggunakan ban hard persis yang dipakai lawannya dan mereka bisa satu kelompok. Saat sama juga cuaca panas yang jadi musuh M1. Biasanya sih walau panas, mereka nggak berani pakai hard, makin licin.

Direktur Tim Yamaha MotoGP, Massamo Meregalli mengakui mereka melakukan utak-atik pada M1 sebelum Thailand. Terutama ketika bermain parah di Aragon. “Kami melakukan langkah yang baik. Kami percaya diri pada race selanjutnya ke Motegi, karena bermain di negara Yamaha,” yakin Meregalli.

Dengar-dengar nih, set-up di Thailand dan semua perbaikan perintilan yang dikeluhkan Rossi dilakukan SDM wajah-wajah baru. Salah satu yang berperan di sana adalah Michele Gadda, insinyur elektronik yang sebelumnya menangani Yamaha di WSBK. Proyek mereka ini yang akan dibuktikan lagi di Jepang. Eh beberapa orang baru itu para insinyur dari Jepang juga. Miolo

BAGIKAN