nhk

Jelang MotoGP Jepang 2018: Tinggal Dovizioso Lawan Marquez Berebut Juara Dunia

ManiakMotor – Matematikanya memang tinggal Andrea Dovizioso lawan Marc Marquez berebut juara dunia. Beda kalau berebut juara seri atau juara Motegi, semua lawan Marquez di Motegi, Jepang pada 21 Oktober nanti. Tapi dari matematika juga, Dovizioso masih bersemangata. Namanya juga balapan masih berjalan.

Ke Jepang Marquez memimpin 77 angka. Dia minimum usai race Jepang 75 angka di depan Dovi. Kalau masih di bawah itu, belum bisa mengklaim karena usai Jepang masih ada tiga seri yang total menyediakan 75 point, “Menentukan juara di Jepang penting buat pabrik kami (Honda). Semoga seperti yang dilakukan 2014 dan 2016,” papar Marquez dalam rilisnya menuju Motegi.

Bisa unggul 75 angka ini, Marquez harus di depan Dovizioso. Melihat 5 seri belakangan, keduanya pelanggan podium. Tidak ada cerita keluar dari lima besar. Makanya wajib Marquez di depan. Jika Dovi yang juara dan Marquez kedua, misalnya, angka keunggulan Marquez malah jadi 72. Itu belum bisa juara dunia. Kecuali terlempar dari tiga besar, misalnya Dovi ke-4 dan Marquez ke-5, Marquez unggul persis 75.

Untuk itu Marquez harus melakukan kerja keras membangun set-up RC213V di Motegi. Dia akan memantapkan motornya untuk Motegi yang berkarakter stop-and-go, “Di sirkuit  akselerasi harus kuat, itu faktor kunci. Area ini harus ditingkatkan untuk melawan Ducati,” tambah Marquez.

Tetapi Marquez mengaku akan tetap rileks dan fokus untuk menangani situasi. Itu memasng bisa diterapkan karena sudah unggul point. Namun tetap akan merasa tertekan karena bermain di kandang Honda. MM