nhk

Jelang MotoGP Jerez 2017: Baru Ronde Tiga, Rossi Sudah Ukir Sejarah

Valentino-Rossi

ManiakMotor – Jika Valentino Rossi tidak berhasil memenuhi ambisinya merebut juara dunia kedelapan di kelas premier (atau 10 secara keseluruhan) pada musim ini, The Doctor tidak akan kecewa. Karena, rekor lain akan diukir bila dirinya bisa memenangkan lomba atau yang lainnya.

Seperti sekarang ini, sampai ronde ketiga di Austin, Texas, Amerika, kemarin dirinya sudah mengukir bisa dibilang sejarah atau rekor. Apa itu? Vale tercatat sebagai pembalap tertua kedua dengan usia 38 tahun 66 hari memimpin klasemen sementara. Dengan finish kedua di COTA, ia mengantongi 56 angka dan menggeser rekan setimnya Vinales dengan 50 angka.

Pengukir pertama adalah Harold Daniell dari Inggris dengan Norton 500 cc berhasil memenangkan di dua balapan pertama, masing-masing di seri Isle of Man (Inggris) dan Berne (Swiss) pada 1949. Saat itu bernama Grand Prix World Championship dan usia Harold 39 tahun 256 hari. Trus di belakang Vale ada Leslie Graham juga dari Inggris, pada 1949 dengan usia 37 tahun 340 hari memuncaki klasemen sementara.

Bila Vale masih melanjutkan karirnya sama Yamaha sampai tahun depan, maka dirinya tercatat paling tua menggeser Harold. Tapi, ada prestasi lain dari Harold dan Leslie yang sangat tak mungkin dikejar Rossi. Harold pernah menang seri GP pada usia 41 tahun 21 hari dan Lesli 39 tahun 240 hari.

Zaman dulu pembalap memang pada tua karena tingkat persaingan tidak seketat sekarang. Termasuk perkembangan teknologi. Dengan usia 38 tahun 66 hari sudah sangat luar biasa. Mari kita tunggu, rekor apa lagi ditorehkan The Doctor. Rezki

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353