nhk

Jelang MotoGP Jerez 2017: Nih Maksud Rossi, Zarco Bukan Balapan Di Moto2 Lagi

46 rossi vs 05 Zarco Amrik 2017

ManiakMotor – Valentino Rossi bilang, Johann Zarco bukan balapan di Moto2, lagi. Yang sering lihat Moto2, tentu tahu cara-cara pembalap Moto2 bermain. Celah sekecil apa pun disorobot, kalau ada kesempatan, kendati sudah tak berlari di racing line. Nggak peduli saat berhasil menyalib, membuat motor jadi melambat dan menghambat laju yang berhasil dilewati.

Apalagi pembalap papan atas Moto2, motor kelas menengah itu sudah sangat kepegang oleh mereka. Zarco sudah sangat mudah memainkan motor Moto2 yang hanya separuh tenaga motor MotoGP tersebut. Lebih lagi seperti Zarco yang dua kali juara dunia Moto2 yang disorot Rossi. Zarco memaksa Rossi dari sisi sangat dalam memasukinya di tikungan Austin, Amerika pada 23 April 2017. Hasilnya, Rossi out dan memotong jalur tikungan bikin Rossi dipenalti 0,3 detik setelah finish.

Bagi Rossi permainan Zarco itu masih terbawa-bawa ke MotoGP. Malah didukung Dani Pedrosa secara menyeluruh. Bahwa, para lulusan Moto2 sekarang lebih agresif dibanding lulusan GP250. “Mungkin Moto2 menggunakan mesin yang sama dan ban yang sama, sehingga agak sulit menyalib. Makanya muncul perilaku agresif buat lulusan Moto2,” sebut Rossi yang saat ini sedang memimpin kalsemen dari hasil kedua di GP Amerika.

Berbeda dengan MotoGP yang permainannya lebih beradab. Kelas para raja yang memainkannya mereka yang ‘berdarah biru’ di strata MotoGP. Karena perilaku tenaga mesin motor MotoGP yang besar atau dua kali lipat dari Moto2. Tenaganya harus dibuka dengan halus dan bertingkat. “Di saat sama, bobot motor MotoGP lebih berat. Jadi bermain dengan timing yang tepat,” sebut Rossi yang sekaligus mengingatkan Zarco lebih tenang membalap di MotoGP.

Zarco sendiri punya argument. Katanya saat itu dia punya celah untuk menyusul. Celah itu dibuat Rossi sendiri yang melakukan kesalahan sejak R1 sampai ke R2 dan R3 sedikit lebih lambat. “Coba masuk di situ, ternyata dia (Rossi) malah lebih cepat sampai persis di sudut yang bersamaan,” kata Zarco yang orang Perancis tersebut.

Yang seperti ini bukan saja dialami Zarco. Pertama kali Marc Marquez datang ke MotoGP, juga dapat peringatan yang sama dari lawan dan kawan. Tapi pada akhirnya, justru gaya Marquez sekarang dengan elbow down yang ekstrem dan gelantungan itu bawaan dari Moto2. Miolo

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353