nhk

Jelang MotoGP Jerez 2017: Rossi Bisa Juara Dunia Ke-10, Ini Faktor Pendukungnya

Rossi, Jurdun, Motogp

ManiakMotor – Setelah berjalan tiga ronde, seorang wartawan senior MotoGP Paolo Scalera dalam tulisannya disebutkan Valentino Rossi bisa meraih gelar ke-10. Sekarang ini adalah tahunnya The Doctor. Sekarang atau tidak sama sekali.

Apa yang membuat dirinya begitu yakin? Sederhana saja. Ia di sini berbicara soal olahraga yang sebenarnya. Katanya, sebuah perang tanpa tangan saja, tapi pengalaman, dan adrenalin di pembuluh darah para pembalap. Paolo melihat Rossi dalam penampilan dengan M1 bisa lebih kejam dari Phil Read atau sebaliknya. Nasibnya bisa lebih buruk dari Mike Tyson.

Panjang kalo dijabarkan kiasan itu. Hanya, Rossi jangan seperti sang petinju. Ganas di awal , namun sangat cepat kandas di tengah jalan. Apalagi di ajang MotoGP musim ini, nama kuat cuma dua, yakni Marc Marquez dan Maverick Vinales. “Dan keduanya sudah disebut Valentino penghalangnya tahun ini. Faktor lain, soal peta kekuatan tidak seperti tahun lalu,” sebut Scalera.

Vinales yang 22 tahun, bukan saingannya, tapi rekan setim dan murid terbaik. Meski dari sejak tes sampai balapan masih melesat cepat. Jika Vinales masih bersama Suzuki musim ini, Rossi pasti mengalahkan “The Baby Alien” sejak awal. Vinales bisa menekan MM melewati batasnya dan memaksanya berbuat kesalahan. Trus, keduanya tidak bisa saling mentolerir.

Inilah keuntungan bagi Vale. Contohnya, di Argentina.  MM terjatuh di lap 4 karena keliru memperhitungkan kondisi ban depan. Ia menggenjot maksimal performa RC213V sehingga meninggalkan jauh duo Yamaha. Begitu juga MV di COTA. Ibarat dirinya jatuh saat mesin M1 masih belum panas betul dan ban depan Michelin disalahkannya.

Bagaimana dengan pembalap lain? Jorge Lorenzo sedang berjuang dengan Desmosedici GP17. Juga sama Dovizioso akibat dilarang pemakaian sayap. Andrea Iannone pun sama Suzuki GSX-RR masih kepayahan. Kesimpulannya, jika Rossi tidak bisa memanfaatkan keuntungan ini, ia akan mendapat musim yang busuk seperti di 2015.

Ayo Rossi. Rezki

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353