nhk

Jelang MotoGP Jerez 2017: Strategi Rossi Pimpin Klasemen, Sejarah Marquez, Usaha Vinales

MotoGP Jelang Jerez 2017

ManiakMotor – Usai ronde 3 di Amerika, klasemen kembali merapat. Itu karena dalam tiga seri berlalu juaranya berbeda pembalap. Yang memimpin poin pun, Valentino Rossi yang pada tiga seri lalu belum pernah juara. Modalnya memimpin poin karena konsisten podium.

Seperti prediksi, 1 sampai 3 adalah jagoan yang memang kandidat. Di sana ada Rossi sendiri yang memimpin, Maverick Vinales ke-2 dan Marc Marquez ke-tiga. “Ini baru tiga seri. Masih banyak lomba di depan dan itu butuh perjuangan mempertahankan klasemen. Tapi posisi memimpin sangat baguslah,” sebut Rossi, bersyukur dan hasil bisa pimpin klasemen darinya a kalah pemberitaan dibanding insiden dengan Johan Zarco.

Beda dengan tahun lalu yang tiga seri awal langsung dipuncaki yang dua kali juara, siapa lagi kalau bukan Marquez. Dan saat itu Rossi tak pernah berhasil memimpin. Kali ini, Rossi memandu sampai di sirkuit Jerez, Spanyol untuk rode 4, minggu depan. Tahun lalu, Rossi yang juara di situ. Strategi Rossi kudu bertahan dan kalau perlu juara. Dari tiga kandidat, tinggal Bang Rossi ini yang belum podium pertama. Tapi tahu sendiri Rossi, mungkin saat ini doski membiarkan dua gajah bertempur, dia yang dapat untung. Maksudnya, Vinales vs Marquez.

Juaranya Marquez di Amerika lalu, bisa jadi untuk membalik sejarah. Analisa sesudah Argentina, posisi seperti Marquez belum pernah ada yang juara dunia sejak era MotoGP. Yang pernah ada usai seri 2 berada di posisi ke-4 yang dilakukan Jorge Lorenzo 2016. Usai ronde 2 tahun ini, Marquez tertinggal 37 angka dan berada di posisi 8. “Juara di Amerika untuk mengembalikan keadaan. Juara ini sangat penting di klasemen,” kata Marquez.

Marquez boleh berkata begitu, karena yang memimpin usai Argentina, Maverick Vinales justru tak dapat point sama sekali. Itulah yang membuat jelang Jerez di klasemen kembali padat merayap. Namanya padat, harus kreatif untuk lolos dari kepadatan. “Belum habis pikir sampai sekarang, kenapa jatuh di Austin? Sungguh itu menghanguskan banyak point di klasemen,” sesal Vinales.

Sesal belakangan tak berguna. Ayo balas lagi di Jerez. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353