nhk

Jelang MotoGP Jerez 2018: Ini To Yang Bikin Podium Suzuki

ManiakMotor – Tahun ini Suzuki memang mendapat konsesi penuh. Fasilitas ini diberikan lantaran tahun lalu tanpa podium. Konsesinya berupa penggunaan mesin lebih banyak dan saluran masuk-buangnya juga beda dari para peserta tanpa konsesi. Jika tanpa konsesi 7 mesin per musim, Suzuki bisa pakai 9 mesin. Di saat sama, mereka lebih bebas melakukan pengembangan lewat testing.

Itulah yang dimanfaatkan Suzuki sehingga dalam tiga seri MotoGP 2018 berlangsung, dua pembalapnya bisa podium, walau pun podium 3. Macam di Amerika kemarin, Andrea Iannone, satu-satunya pembalap yang bisa menyalip Marc Marquez dengan Honda-nya. Juga lebih lama menempel Marquez.

“Motor saya masih kurang sikit lagi tenaganya di trek lurus. Tapi sudah lebih baik dari tahun lalu. Motor juga masih banyak geser, sehingga kecepatan rata-rata belum stabil,” kata Iannone yang pensiun podium sejak 2016 di Valencia.

Bisa podium di sirkuit Amrik, bukan pekerjaan mudah. Inilah sirkuit sangat teknik yang menuntut banyak karakter. Motor harus sanggup bergerak cepat (agresif) saat menikung. Tikungannya pun ada yang lambat dan kencang. Belum lagi trek lurusnya yang ujungnya berhadapan dengan pengereman deras bangat menuntut keseimbangan motor.

Karena itu, seorang Valentino Rossi yang persis di belakang Iannone di Amrik, ikut memuji Suzuki. Katanya, Suzuki sudah bisa mengantar pembalapnya podium berurutan, “Tanda Suzuki jauh lebih baik dari tahun lalu,” kata Rossi.

Bisa saja, Suzuki saban race pakai mesin baru sesuai konsesi. Saat ini, point konsesi Suzuki baru dapat 2. Peraturannya bila dapat 6 point, tahun berikutnya konsesi dihapus. Poin konsesi dihitung dari podium, kalau podium tiga dapat 1 point, podium 2 dapat 2 point dan podium 1 dapat 3 point. Suzuki 2018 sudah dua kali podium 3 alias dapat point 2, masing-masing dari Alex Rins dan Iannone. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Jerez 2018: Luar Biasa, Marquez Dibayar 260 Miliar/tahun, Pendampingnya?

Jelang MotoGP Jerez 2018: Strategi Dovizioso Jalan, Kontrak Belum Jelas Dari Ducati

Jelang MotoGP Jerez 2018: Uccio Akan Diusir Yamaha, Rossi Membela

BAGIKAN