nhk

Jelang MotoGP Jerez 2018: Motor Marquez Sip, Saingan Dovizioso, Rossi Nggak!

ManiakMotor – Sirkuit Jerez itu masih tradisional. Lintasannya sempit dan bertipe lambat. Penyetelan motor harus akurat. Untuk mempersingkat pelacakan setelan motor, harus punya dasar data bagus memulai sesi latihan di Jerez.

Begitu pandangan Marc Marquez pada sirkuit Jerez di Spanyol. Sirkuit ini digunakan untuk ronde 4 MotoGP 2018 yang dimulai 4 Mei – 6 Mei. Di atas kertas motornya yang dibangun dengan konsep Big Bang untuk putaran atas, antinya Jerez. Prakteknya di tangan Marquez malah tenaganya terpakai walau Jerez itu lebarnya hanya 11 meter.

Buktinya tahun lalu dia juara dengan Big Bang yang sebenarnya baru mulai dipakai pada RC213V. “Kami melakukan tes Jerez dan hasilnya memuaskan. Tinggal konsentrasi untuk membangun data tes dan kondisi terkini. Ingat tahun ini, saya percaya motor sangat  mendukung. Ini penting. Juga tampil di depan fans dan negara sendiri, selalu bikin semangat,” cetus Marquez dalam rilisnya menyambut GP Jerez.

Marquez menyebut, serial MotoGP saat masuk Eropa dan memulainya di Jerez akan terlihat tim dan pembalap yang akan menonjol. Bukannya tidak menghitung tiga seri sebelumnya di luar Eropa, umumnya begitu. Tahun lalu  persaingannya dengan Andrea Dovizioso (Ducati) malah belum terlihat sampai di Jerez.

Usai Jerez ada 10 seri lanjutan berada di Eropa. Dan Marquez sudah memetakan duluan lawan beratnya, yakni hanya Dovizioso yang dia sebut. Nggak ada Valentino Rossi dalam kamusnya, hehe, “Perbuan gelar akan seperti tahun lalu, lawan saya Dovizioso. Sekarang dia unggul 1 point dari saya di klasemen,” pungkas Marquez. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Jerez 2018: Pembalap Amrik Ini Beri Masukan Teknis, M1 Rossi & Vinales Harus Beda

Jelang MotoGP Jerez 2018: Hafizh Syahrin Kecelakaan Sepeda, Pahanya Lecet-Lecet

BAGIKAN