nhk

Jelang MotoGP Jerez 2018: Sirkuit Yang Mengalir, Juaranya Gantian

ManiakMotor – Pakai disiplin ilmu balap motor di sirkuit-sirkuit Eropa. Sirkuit yang dibangun dengan gaya klasiknya kejar-kejaran sepeda motor. Anatomi tubuh pembalap aktif ikuti keseimbangan pada tikungan yang selalu berkaitan. Keliru di salah satu tikungan, akan berantai ke tikungan berikutnya. Khas tikungan yang mengalir. Antara tutup gas dan rem, nggak ada yang sampai mati, ti… ya flow.

Begitu diandaikan para peserta dan tim saat masuk ke benua Eropa. Dan sirkuit yang disinggahi pertama kali adalah Jerez, Spanyol yang lombanya 6 Mei 2018. Jerez dengan panjang hanya 4.4 km, 13 tikungan (8 ke kanan dan 5 ke kiri) dengan trek lurusnya 607 meter. Lebarnya pun hanya 11 meter, namun dianggap sirkuit yang mengalir.

Maksudnya mengalir (flow) tak ada yang membuat motor harus pelan mendadak atau akselerasi besar yang tiba-tiba. Semua teratur. Jika motor MotoGP berlari di situ seperti air mengalir, geetu kalee, “Siapa saja selalu menunggu seri Eropa. Jerez menjadi pembukanya. Semua punya semangat ke sini, apalagi saya tuan rumah,” beber Marc Marquez seperti dia ucapkan habis juara di Amerika.

Betul, semua sirkuit butuh skill. Tetapi Jerez adalah konsisten saban lapnya. Setiap inci jalurnya, memainkan putaran mesin menengah sikit-sikit sentuh puncak. Makanya top speed di sirkuit ini tak lebih dari 300 km/jam. Top speed tertinggi di Jerez hanya 295,9 km/jam dibukukan Andrea Iannone saat masih dengan Ducati 2015.

Dari data sih, tak ada merek yang menonjol alias saling gantian Honda dan Yamaha. Kecuali Ducati, empat tahun terakhir, ada empat pembalap berbeda yang juara seperti Jorge Lorenzo, Marquez, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa. Menarik ditunggu pemenangnya tahun ini, siapa? MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Jerez 2018: Valentino Rossi Masih Bisa Juara Dunia Pada Umur 40-an

Jelang MotoGP Jerez 2018: Vinales Punya Gaya Sendiri, Nggak Harus Jadi Lorenzo

Jelang MotoGP Jerez 2018: Energi Rossi Dikuras, Kelelahan…?

BAGIKAN