nhk

Jelang MotoGP Jerez 2018: Vinales Punya Gaya Sendiri, Nggak Harus Jadi Lorenzo

ManiakMotor – Ada yang ‘dirasakan’ Maverick Vinales pada M1 2018, maka dia dengan riang bercerita. Baginya, podium kedua di Amerika, tanda motor yang mau dia ajak di sirkuit tersulit dalam kalender MotoGP. Akan ‘lebih mudah’ di sirkuit berbeda menggunakan riding style dewek. Soal klasemen dan harapan untuk juara dunia pun masih sangat lebar.

Tahun lalu, menurut ceritanya ia terlalu memaksakan diri untuk mengikuti gaya Jorge Lorenzo yang halus pisan. Kelemahannya yang mestinya harus agresif, kudu sabar. Sudut-sudut tertentu, dia sangat kesulitan dan sulit konsisten, karena bukan gaya sendiri. Itu sebabnya, di awal lomba memimpin klasemen tahun lalu, terus melorot. Bahkan di Jerez tahun lalu hanya ke-7.

Dengan M1 tahun ini, gayanya ya gaya dia. Luwes dimainkan bersama buka-tutup throttle M1 macam di Amrik. “Motor yang harus menyesuaikan dengan gaya saya. Pada akhirnya jati diri saya, itulah gaya saya,” kata Vinales yang artinya, M1 2018 dari  masukannya.

Itu motor dirancang demi bagian mengikuti gayanya. Dia hanya menyesuaikan tanpa harus meminjam karakter pembalap lain. Kalau gaya sendiri kan dalam keadaan genting sekalipun sudah refleks sendiri mengatasinya.

“Gaya saya akan lebih pas, kalau urusan elektronik M1 2018 mendapat kemajuan. Untuk ini, harus menunggu tes setelah GP Jerez,” tambah Vinales yang maksudnya sehari setelah lomba di Jerez memang ada tes resmi Jerez. Di sana elektronik M1 yang katanya mulai bisa ditangani itu, akan lebih di tangani lagi.

Berarti punya kesempatan bertempur untuk kejuaraan dunia dong? Ya, menurut Vinales, untuk saat ini dia masih dekat dengan dua lawan di atasnya. Pointnya 41 berada di posisi ketiga klasemen, yang pertama Andrea Dovizioso dengan 46 point dan Marc Marquez kedua dengan 45 angka.

Tipis memang memasuki lomba di Jerez minggu ini di negara Vinales sendiri. “Klasemen masih akan mudah berubah. Tahun lalu seri-seri awal saya yang memimpin, tapi itu cepat diganti Velentino dan selanjutnya Marc dan Dovizioso. Makanya untuk tahun ini peluang masih ada,” yakin Vinales sembari tersenyum. MM

 

BAGIKAN