nhk

Jelang MotoGP Jerez 2019: Alex Rins Menanggapi Pujian Membalapnya Yang Halus

ManiakMotor – Pemerhati yang ada di paddock dan termasuk Valentino Rossi memuji gaya mengendara Alex Rins. Dia cerdas mengatur irama saat balapan dan terutama gaya halusnya. Itu membuat ban Suzuki GSX-RR dikebut Rins sangat awet saat lomba seperti yang dilakukannya di Amerika dan juara.

Bagi Rins, gaya yang ia gunakan bukan merupakan tipe aslinya. Cirinya yang sebenarnya adalah mengikuti tuntutan motor ketika lomba, “Seperti di GP Ameika itu  otomatis. Motor harus dibawa dengan lembut. Jujur saja, saya tidak  berlatih secara khusus untuk menjadi sangat fleksibel di atas motor,” papar Rins yang orang Spanyol tersebut.

Malah mekaniknya menganggap Rins seorang pembalap terlalu hati-hati. Dia menjelaskan ketika masih di Moto3, mekanik di pit mengira dia akan masuk ke pit, karena terlalu lembut. Tapi justru saat itu, malah dia yang tercepat.

Tetapi buat Rins setelah tahun ketiga di MotoGP dia makin tahu, hasil akhir salah satu kuncinya keawetan ban. “Memang kelihatannya seperti hati-hati, itu semua tentang karet. Jika menggunakan selongsing gas dengan lembut, berarti memperpanjang umur ban belakang dan depan,” tambah Rins yang usai juara di Amerika posisi klasemennya jadi ketiga dengan nilai 49 atau beda 5 angka dengan pemimpin klasemen.

Fakta bahwa Rins sekarang ering bertarung di depan. Dia menjelaskan di Qatar belajar banyak, tapi dia nggak mau ngasih tahu yang ia pelajari, rahasia. “Tapi salah satu yang saya pelajari adalah tetap tenang. Tahun lalu saya jatuh di Qatar karena saya terlalu bersemangat,” kata Rins.

Rins yang juga sangat dipuji-puji oleh Suzuki sebagai pembalap cerdas memberi masukan teknis. Persis desakannya pada tim untuk kreatif membangun motor. Hasilnya seperti sekarang yang GSX-RR mantap larinya. MM

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353