nhk

Jelang MotoGP Jerman 2017: Marquez Kuat Di Sachsenring, Awas Rossi, Dani, Cal Crutchlow

Marquez - Sachsenring - motogp

ManiakMotor – Valentino Rossi tampil sebagai pemenang kelima musim ini setelah memenangi MotoGP Assen, seperti yang diprediksi portal ini. Sekarang, apakah akan muncul pemenang keenam di Sachsenring, Jerman yang menjadi ronde kesembilan sekaligus penutup paruh pertama musim 2017, pekan ini (2/6).

Oh, mungkin saja. Hanya, Honda terlalu kuat di trek pendek berjarak 3,7 km dengan 13 tikungan didominasi 10 tikungan ke kiri dan tiga kanan. Terutama Marc Marquez yang baru masuk kelas puncak pada 2013 langsung menorehkan kemenangan pertama dan sampai tahun lalu tak pernah lepas dari genggamannya. Ya, layak lah pembalap 24 tahun ini dijuluki “King of Sachsenring”.

Tapi, Marquez tak boleh lengah. Pesaing cukup banyak selama menempuh 30 lap nanti. Ada Yamaha, terutama Rossi yang baru menuai 25 angka penuh. Namun, M1 belum pernah menang sejak 2011 dan terakhir dipersembahkan Lorenzo 2010.

Ketika di Assen yang dominan tikungan ke kanan (12 dan kiri 6), M1 bersama Rossi dengan sasis baru sangat stabil. Nah, di Jerman yang mayoritas tikungan kiri butuh pembuktian. Sedang Vinales belum konsisten bersama M1.

Selain Yamaha, Marquez mesti perhitungkan Ducati. Apalagi, Dovizioso sudah menegaskan kalo Desmosedici GP17 sudah kuat disegala trek. Itu dibuktikan dengan kemenangan beruntun di Mugello dan Catalunya. Apalagi ia kini memimpin klasemen sementara dengan 114 angka.

Ditambah lagi, Lorenzo bilang permukaan trek yang baru di Sacsenring sangat membantu GP17 punya daya cengkeram lebih baik. Kalo menjagokan Lorenzo jadi pemenang, kecil peluangnya, tapi podium lain sangat mungkin. Justru melalui Dovi, peluang menuai 25 angka sangat besar.

Marquez juga harus memperhitungkan rekan setim, Dani Pedrosa. Prestasi cukup bagus di Jerman, dua kali menang (2010 dan 2011) dan dua kali pula ketika Marquez finish pertama, ia menguntit di belakangnya (kedua 2014-2015). Bukan tidak mungkin pembalap senior ini jadi pemenang keenam, selain Cal Crutchlow. Rezki

BAGIKAN