nhk

Jelang MotoGP Le Mans 2017: Buat Rossi, Suatu “Mission (Im)possible” Di Prancis

Rossi, Motogp, tes Jerez

ManiakMotor – Bisa ya, bisa juga tidak. Toh, balapan ronde kelima ini berlangsung Minggu (21/5). Itu diawali sesi latihan sejak 19 Mei 2017 di srikuit Le Mans, Prancis yang menurut Rossi untuk bekerja dari dasar set-up.  Pertanyaan, mungkinkah Rossi bisa menapak ke podium pertama. Jawabannya, ya di kalimat pembuka di atas. Podium kedua saja kalau di antara Maverick Vinales dan Marc Marquez juara, Rossi kehilangan pimpinan klasemen.

Yang pasti, dia datang ke trek Le Mans berjarak 4,2 km itu dengan harapan besar, menang! Kendati saat meninggalkan Jerez dengan hati yang luka, finish ke-10. Ini secara psikologis pengaruh ke mental. Nah, semangat menang yang besar lantaran ia sendiri belum pernah menang sejak 2008.

Menariknya, Yamaha dan Honda punya angka kemenangan sama 7 di trek Bugatti yang dominan tikungan ke kanan 9 dan kiri 5. Dua tahun terakhir Yamaha sangat kuat dengan finish 1-2, hanya pemenangnya diukir oleh Jorge Lorenzo yang sekarang ke Ducati.

Ada satu catatan penting dari Le Mans. Sejak 2012 sampai tahun lalu, Prancis selalu didominasi pembalap Spanyol. Orang yang di luar Spanyol sukses berdiri di podium pertama Casey Stoner (Australia) pada 2011. Ya, iyalah, Prancis tidak punya pembalap top di tim pabrikan.

Nah, kembali ke judul di atas, soal misi Rossi. Tugas tidak ringan harus dijalankannya. Mampukah dirinya jadi penentu kemenangan Yamaha atas Honda yang kondisinya mulai membaik. Juga memecahkan telur kemenangan yang sudah dieramkannya 9 tahun (sejak 2008).

Semua itu akan ditentukan pada sesi latihan resmi, Jumat (19/5). Vale harus bisa menghilangkan keraguan pada dirinya. Karena persaingan cukup ketat, selain Honda dan rekan setim (Vinales), ada lokal hero Johann Zarco. Rezki

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353