nhk

Jelang MotoGP Le Mans 2017: Lorenzo 9 Tahun Tanpa Rem Belakang Di Yamaha, Ducati Wajib

99 Lorenzo 2017 Ducati
ÿþ

 

ManiakMotor – Luar biasa juga Jorge Lorenzo harus mengubah kiat  membawa Ducati. Bayangkan, dengan caranya yang halus meluncurkan motor masuk tikungan,  9 tahun bersama Yamaha dia tanpa menggunakan rem belakang.  Motor murni dihentikan dengan rem depan yang berurut.

Tetapi caranya yang super halus itu, harus berubah total di Ducati. Bisa begitu, karena tenaga asli  Ducati baru muncul di putaran atas. Makanya, motor Italia itu  jagoan trek lurus. Dengan keadaan begitu, tak cukup dihentikan oleh rem depan. “Memang harus belajar tekun untuk menghentikan Desmosedici dengan rem belakang. Sudah terbiasa 9 tahun tanpa harus memakai rem belakang dengan motor tetap meluncur masuk tikungan,” kata Lorenzo soal pengalamannya dengan Yamaha.

Lorenzo mengakui sampai seri keempat  kemarin di Jerez dia mulai terbiasa, walau katanya belum alami. Maksudnya masih dalam keadaan kaku dan membuatnya belum nyaman. Namun seiring waktu, katanya dia akan terbiasa dalam keadaan seperti apa, rem belakang Ducati difungsikan. “Setiap mereka ada cara sendiri menunggangnya,” tegas Lorenzo.

Menurut para tekniksi Ducati, rem belakang ini semakin dibutuhkan saat ada aturan winglet harus dihapus 2017. Sebab sayap yang dipoluperkan oleh Ducati sendiri itu, selain membantu menekan motor agar whellie tak berlebihan, ototamis ‘membantu’ memperlambat motor saat gas ditutup. Kan fungsinya untuk down force.

Istilahnya, Ducati yang paling tersiksa dan dirugikan dengan penghapusan winglet. “Dengan aturan tanpa winglet ini, kami seperti dapat hukuman yang paling berat. Dampaknya tidak seperti kami duga. Masuknya Jorge ke Ducati juga kurang mulus, karena dia (Lorenzo) juga tidak menduga akan menemui Ducati tanpa sayap,” kata  Paolo Ciabatti,  pentinggi Ducati yang tetap yakin ke depan akan dapat solusinya.

Percaya deh pak. Miolo

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353