nhk

Jelang MotoGP Le Mans 2019: Tunggu Aksi Quartararo Di Negaranya Sendiri

ManiakMotor – Pasti, diplot menarik penonton untuk sirkuit Le Mans, Prancis pada 17 – 19 Mei 2019, tentu saja Fabio Quartararo punya kelebihan. Quartararo ini anak muda Prancis. Dirinya di perhelatan seri 5 MotoGP di negaranya jadi ikon untuk menarik minta penonton datang ke sirkuit.

Nama Quartararo melejit jadi rookie yang direkrut Yamaha Petronas SRT. Namanya juga makin kinclong dengan aksinya di ronde pertama MotoGP di Qatar. Start dari grid ke-5 di Qatar, sayang ketika mau star M1-nya bermasalah. Tapi di event ronde pertama tersebut, Quartararo membuat catatan tercepat saat balapan alias fastest lap.

Kian gemilang pemuda 20 tahun ini ketika pole position di sirkuit Jerez, Spanyol baru lalu. Saat lomba pun menguber Marc Marquez yang juara. Sayang lagi, M1-ya masalah pada kopling, “Sebagai pembalap saya selalu siap di mana saja tampil. Apalagi di depan keluarga, teman, dan fans negaraku,” kata Fabio yang direkrut timnya dari Moto2 walau tahun lalu hanya klasemen ke-10.

Wilco Zeelenberg, Manajer Petronas Yamaha yang mencium bakat Quartararo. Saat itu usainya 19 tahun saat teken kontrak, “Kami tahu banyak potensi dalam diri Fabio. Tim  sangat bangga telah bikin kontrak dengannya. Kini saatnya Fabio memperlihatkan bakatnya di sirkuit di negaranya. Pasti dia tahu resep bermain di Le Mans,” kata Zeelenberg yang orang Belanda tersebut.

Seperti kata Zeelenberg, Quartararo adalah pembalap yang masih sangat muda di MotoGP. Dia tidak memiliki banyak pengalaman. Sifatnya masih ingin senang-senang dengan motor MotoGP. Geber sepuashnya, “Dia belum tahu persis seberapa bagus atau buruk set-up motor MotoGP. Itu keuntungan, karena tanpa beban,” tambah Zeelenberg yang mantan pembalap GP250 itu.

Sebelumnya, pembalap yang ‘dijual’ di Prancis adalah Johann Zarco. Tahun ini juga nama Zarco tetap jadi bahan promosi tapi tidak sebesar nama Quartararo. Banyak alasan untuk itu, salah satunya Zarco pindah ke merek yang masih membangun, KTM. Nama Zarco kurang menonjol dari empat seri berlalu ketimbang Quartararo. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

BAGIKAN