nhk

Jelang MotoGP Le Mans 2020: Mir Dengan Suzuki GSX-RR Menghemat Ban..!

Joan Mir

ManiakMotor – Sebenarnya telah diulas atas penerawangan sendiri oleh portal ini saat  Joan Mir berlaga dengan Suzuki GSX-RR di Catalunya, lalu. Dia konsisten sepanjang balapan. Walau waktunya tak secepat musuh-musuhnya di depan – apalagi dengan tiga M1 – Mir boleh mencapai podium kedua tanpa repot menangkis motor kehabisan kompon ban.

Rata-rata kecepatan Mir di Catalunya sangat konstan. Bisa dibayangkan ketika per lap semua lawan terdekatnya sudah acak-acakan antara 1 menit 41 detik koma besar sampai 42 detik sekian, si Mir masih rata 1 menit 41.2 detik sekian-sekian. Itu mulai terjadi pada lap ke-17 sampai finish, maka banyak yang dia lewati pada periode lap tersebut.

Analisa portal ini pada lomba tersebut, Mir yang start dari grid 8 dengan tenang di lap pertama menyodok ke-5. Dia tidak terpengaruh untuk kabur bersama tiga pemain M1 dan satu Ducati. Tujuannya tetap halus berakselerasi dan pengereman demi menjaga ban. Posisi ke-5 itu bertahan sampai lap 15 dengan kecepatan 1 menit 41 koma kecil. Lawan di depannya tadinya 1 menit 40 detik mulai kendur.

“Setiap merek memiliki karakter berbeda, ada kekurangan dan kelebihan pada area tertentu dan sirkuitnya. Coba memanfaatkan kelebihan pada konstannya. Konsentrasinya di situ, wajib dimanfaatkan sebaiknya,” terang Mir sambil bilang konstan tersebut  juga didukung ban Michelin terbaru.

Juga dari cerita Mir sendiri sudah membaca karakter motor dan lawannya. Dicontohkan pada Ducati Jack Miller, “Setelah dua lap awal melewati beberapa pembalap, agak lama di belakang Miller. Saya tahu Miller selalu sangat kuat di lap-lap awal, berusaha terus membayangi dan melawannya,” terang Mir akan strateginya dan tahu lawan-lawan di depannya sering ‘membuang’ kompon belakang. Maksudnya akselerasi terlalu kasar. Dia melawannya dengan akselerasi berirama.

Fabio Quartararo yang juara di Catalunya awal lap unggul 2 detik lebih dari Mir. Namun di lap-lap akhir mulai didekati kalau nggak keburu finish dilewati bercerita. “M1 saya memiliki keunggulan di kualifikasi dan awal balapan. Jelang akhir balapan, harus berjuang keras dari GSX-RR Mir. Setiap motor dan pembalap memiliki kekuatan dan kelemahan, terutama pada ban,” jujur Quartararo yang kini memimpin klasemen dengan 108 point meninggalkan Mir 8 point yang kedua.

Kini Mir menuju ronde 9 di sirkuit Le Mans, Prancis pada 11 Oktober 2020. Dipastikan di negaranya Quartararo ini ban jadi persoalan lantaran suhu yang dingin. Biasanya di Le Mans diadakan Mei, berhubung tahun ini soal Corona jadinya Oktober yang masuk musim dingin. “Seperti biasa akan bermain konstan dan berusaha dapat point banyak,” kata Mir yang bukan sesumbar tetapi niat. Raider

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Pasca MotoGP Catalunya 2020: Rossi Bisa Saja Menang, Jatuh ‘Nafsu’ Suhu Ban Rendah..!

Race MotoGP Catalunya 2020: Quartararo Juara, Mir Ke-2 Taktik Hemat Ban, Rossi Jatuh..!

MotoGP Catalunya 2020: Rossi Pasti Petronas 2021, Langsung Sebut Mandalika Indonesia

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353