nhk

Jelang MotoGP Le Mans: Dorna Kasih Lampu Hijau Rossi, Turunkan Tim MotoGP, Demi…

Ezpeleta (kiri) terus pepet Rossi agar tetap aktif di motogp

ManiakMotor – Valentino Rossi telah memutuskan akan pensiun dari motogp. Bisa usai musim tahun ini atau 2018, tergantung prestasi sekarang. Yang pasti, kontraknya sama Yamaha berakhir 2018. Kendati begitu, bos DORNA Carmelo Ezpeleta masih menginginkan The Doctor terus terlibat dalam motogp bila kelak pensiun.

Ya, iya lah. Artinya, Ezpeleta sadar betul kalo Vale punya magnet kuat menyedot penonton. Itu bisa dilihat di tribun dengan penonton yang menguning. Apalagi jika sang idola terlibat persaingan, kibaran bendera dengan tulisan VR46 pun merebak.  Belum lagi di belakang paddocknya dan di hospitality Yamaha acap penuh.

Untuk memuluskan niat Dorna, Ezpeleta memberi lampu hijau kepada Rossi untuk  menerjunkan tim motogp. Meski, sementara ini slot 24 pembalap di garis start sudah terisi penuh tahun depan. Sekarang ini baru terisi  23 grid.

Satu pembalap lagi lagi menjadi jatah tim LCR Honda untuk menemani Cal Crutchlow. Mengenai jok Honda RC213V dari LCR itu mulai ramai dibicarakan. Bos tim Lucio Cecchinello sudah menyebut dua nama pembalap.

Demi Rossi agar bisa berada di lingkungan motogp, Ezpeleta siap menempuh dengan dua cara. Pertama, menaikkan jumlah pembalap di grid. Kedua, ini bila pertama tidak disetujui, ia melobi tim satelit untuk mengurangi pembalap. Tapi, dirinya yakin konsep pertama akan mendapat persetujuan.

“Yang kami inginkan Rossi tetap menjadi bagian aktif di kejuaraan,” ujar Ezpeleta. Apakah dia punya tim atau yang lain, terserah. “Rasanya, kami tidak akan memberi lisensi lagi di motogp sampai Rossi bertanya kepada kami jika ia  menginginkan sebuah tim,” tegasnya. Rezki

BAGIKAN