nhk

Jelang MotoGP Lemans 2017: Ada Sesuatu Di Motor Rossi

46 Rossi Jerez 2017a

 

ManiakMotor – Nggak podiumnya Valentino Rossi di Jerez, Spanyol lalu, telah terdeteksi sejak sesi latihan. Di FP4 dan warm up, dia sama sekali nggak konsisten, walau di akhir sesi bisa mendapati waktu untuk lomba. Dan lombanya ternyata lebih panas yang membuat tipe aspal Jerez berminyak permukaannya dan roda belakang Rossi banyak spin.

Gawat, dua hari kemudian dalam test di sirkuit yang sama, masalah itu nggak terpecahkan khusus di M1 Rossi yang hanya ke-22. Beda dengan M1 Maverick Vinales yang di lomba termasuk kepayahan sebagai pembalap tuan rumah yang juga andalan. Saat tes bisa diobati dengan cara mekanik Vinales dan membuatnya tercepat.

Menurut Rossi, sulit mengawinkan semua tipe ban Michelin dengan motornya di Jerez. Toh, untuk  berikutnya di Lemans, Prancis minggu depan, pasukannya belum terburu-buru mengup-date komponen terbaru. “Untuk jangka pendek masih akan mengandalkan set-up. Akan dicoba dari situ memperbaikinya,” sebut Rossi.

Bisa saja hanya persoalan tipe aspal Jerez. Kan bisa saja. Sebab di Lemans, cuaca di sekitaran lebih dingin. Bisa juga saat di Jerez, Rossi tampil bukan dalam top performanya. Maklumlah. Maka, selanjutnya kondisi motornya yang banyak berputar di tempat bisa sembuh dengan sendirinya.

Akan tetapi, Rossi mengingatkan ada sesuatu yang aneh pada motornya saat menghadapai Jerez. Sesuatu itu menjadi pekerjaan rumah buat para teknisi dan dirinya. “Berarti untuk memperbaikinya juga butuh sesuatu,” pungkas Rossi yang hanya menyambung tulisan sebelumnya di sini.

Harus ada sesuatu itu, segera, bila ingin bertahan memimpin klasemen. Miolo

BAGIKAN