nhk

Jelang MotoGP Misano 2018: Lorenzo ‘Menyesal’ Ke Honda, Ducati Ternyata Motor Juara

Loncatan kemenangan Lorenzo

ManiakMotor – Menurut Jorge Lorenzo dia bersama Ducati tahun ini dari 12 seri seperti dua kujuaraan berbeda. Maksudnya lima seri awal dia masih susah payah menyesuaikan dengan Ducati. Tapi enam seri belakangan langsung enak ke papan atas. Dari enam laga itu, dia sudah juara tiga kali loh. Bandingkan dengan pembalap terkuat sekarang, Marc Marquez baru dua kali menang dari enam seri berlalu.

Itulah penguasaan Ducati GP18 Lorenzo yang dia dipuja dan puji. Bahwa dia tidak menyesal pindah ke Ducati untuk memperlihatkan talentanya, “Harga pembalap MotoGP itu seperti nilai pasar saham. Selagi bagus penawarannya tinggi,” papar Lorenzo yang artinya jangan-jangan dia dihargai ‘murah’ di Honda. Kan  terjadinya transaksi dengan Honda, saat itu Lorenzo dianggap tak bisa berbuat banyak di Ducati.

Menurut Lorenzo saat dia berencana ke Ducati 2017, banyak yang memperingati, itu motor bukan dirancang untuk dirinya. Tapi ia berusaha menyesuaikan termasuk semua komponen gonta-ganti agar motor pas dengannya. Terakhir, konstruksi dan desain tangki bahan bakar. Pakai tangki bawaan Ducati, baru 5 lap dia sudah kelelahan. Tapi saat di Mugello pakai tangki baru dia seperti menyatu melakukan handling. Nggak ada capeknya.

Bagi Lorenzo, bila sudah mampu menjinakan dan memanfaatkan kekuatan Ducati, jangankan juara seri, juara dunia pun akan bisa didapatnya. Sayang butuh waktu dengan menggunakan bakat alaminya. Seperti setahun lebih perjuangannya dan baru enam seri belakangan boleh menundukan karakter merek Italia tersebut.

“Ducati memiliki kelebihan pada stabilitas saat pengereman dan akselerasi yang kuat. Kelemahannya pada menikung, saya harus kompromi pada kecepatan corner,” tambah Lorenzo di Speedweek.

Yang jelas, pengalaman agak lama beradaptasi dengan Ducati ini, menjadi penuntun baginya saat ke Honda. Dia mengaku dapat pelajaran penting saat menggunakan motor merek berbeda. Dia yakin di Honda nggak akan selama di Ducati adaptasinya. Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Misano 2018: Rossi Home Race, Ayo Lakukan Yang Terbaik..!

Jelang MotoGP Misano 2018: Sedang Dinanti Marquez Di Kandang Rossi

BAGIKAN