nhk

Jelang MotoGP Misano 2018: Rossi Home Race, Ayo Lakukan Yang Terbaik..!

ManiakMotor – Sirkuit Misano ini menarik. Para raja MotoGP macam Jorge Lorenzo, Marc Marquez, apalagi Valentino Rossi punya komposisi sama di situ. Dibumbui  cerita merek, Ducati juga mengklaim tuan rumah, ditambah Andrea Dovizioso yang pegang merek Italia dan asli Italia. Rame kan…!

Akan tetapi tifosi alias penonton di sana lebih banyak pakai kaos kuning dengan asap kuningnya, mendukung The Doctor. “Misano adalah home race. Tetangga, teman, sodara dan siapa saja yang kenal saya akan muncul di sini. Makanya tampil di Misano spesial buat saya,” jelas The Doctor setiap kali bicara Misano yang jadi TKP (Tempat Kejadian Pertandingan) ronde 13 MotoGP pada 9 September 2018.

Markas Rossi di Tavullia hanya 14 km dari situ. Misano sendiri memang seperti ‘milik’ Rossi. Manajemen sirkuit tersebut bekerjasama dengan VR46 Riders Academy, yakni perguruan balap motor yang dimilik Rossi. Semua muridnya dan sedia-dianya kerap datang ke situ untuk menerapakan elmu balap di trek aspal. Program Yamaha VR46 Master Camp, materi sirkuit aspal menggunakan Misano.

Seperti itulah kedekatan Rossi pada Misano di Sanmarino. Maka mari lebih tahu yang akan dilakukan Rossi minggu ini. Tentu saja rahasia melarikan motornya di 16 tikungan Misano. Dia tahu membangun set-up motor sedetilnya, walau dibilang situasi M1 saat ini sungguh ‘memprihatinkan’. Toh dia punya modal saat test privat tiga minggu lalu di sirkuit yang sekarang bernama Misano World Circuit Marco Simoncelli itu.

Rossi punya cara mengubah situasi dengan penguasaan sirkuit dan dukungan penonton. Tampil di depan publik memang selalu punya energi tambahan. “Biasanya juga saya selalu tampil baik di sini, lihat saja nanti dengan motornya,” pungkas Rossi yang tahun lalu gagal ikut di Misano lantaran cidera patah kakai dari latihan trabas. Miolo

BAGIKAN