nhk

Jelang MotoGP Misano 2018: Tak Ikut Test, Marquez Punya Data Dari Sini!

ManiakMotor – Pinjam data tim satelit Honda. Begitu yang dikatakan pasukan Repsol Honda Team yang menangani RC213V Marc Marquez. Terutama untuk menghadapi ronde 13 MotoGP di sirkuit Misano, Italia pada 9 September nanti.

Repsol Honda tak ambil bagian di test privat Misano sebelum Silverstone. Mereka ketinggalan set-up dasar dibanding dua musuh beratnya macam Yamaha dan Ducati yang melakukan test di situ, “Kami memang tidak melakukan tes Misano. Tentu saja, itu kerugian dibanding yang menguji. Tapi kami punya cara lain,” kata Santi Hernandez, kepala mekanik Márquez.

Santi juga mengingatkan, tidak selamanya yang sebelumnya melakukan test di sirkuit yang sama, saat lomba setelan motornya juga sama. Katanya masih banyak yang berubah dan harus dari set-up nol lagi yang umumnya dipengaruhi senyawa ban dengan aspal.

Menghadapi lomba, yang di lintasan bukan hanya MotoGP yang bannya seragam pakai Pirelli. Tapi di sana ada juga Moto2 dan Moto3 yang berbeda formula komponnya, “Mungkin berhasil melakukan set-up saat test, tapi belum tentu ketika lomba dengan lapisan ban di aspal yang berbeda. Ini memaksa setelan motor juga berubah,” wanti Santi yang berewokan itu.

Pada akhirnya, andai lawan dan kawan sudah dapat dasar setelan yang bagus, mau tak mau Santi harus mencontek. “Menconteknya dari tim satelit Honda yang ikut test di sini. Mereka pasti punya data dan di situ keuntungan tim pabrik,” tutup Santi.

Ohhh gitu ya. MM

BAGIKAN