nhk

Jelang MotoGP Misano 2019: Balapan Di Dekat Rumah Rossi, Banjir Fans Kuning

Rossi di depan para penggamarnya di Misano

ManiakMotor – Sirkuit Misano Marco Simoncelli, San Marino, Italia hanya 14 km dari markas Valentino Rossi di Tavullia. Sirkuit dunia itu minggu ini digunakan sebagai tuan rumah ronde 13 MotoGP 2019. Diperkirakan fans Rossi akan membanjiri sirkuit dengan kostum kebesaran mereka yang kuning. Tribun-tribun Misano akan mereka penuhi.

Tentu saja para pengguna kuning ini akan mendukung jagoannya agar jaya di depan publiknya. Apalagi Valentino Rossi sudah sejak 2017 di Assen juara seri. Ditambah pula hasil test Misano yang saat itu dihadiri para koordinator penampilan Yamaha termasuk milik Rossi menjanjikan. Tentu saja, itu promosi buat warga sekitar yang seluruhnya ‘dekat’ dengan The Doctor, lha wong tetangganya.

Rossi sendiri dua minggu lalu dari hasil tes Misano alias sirkuit yang juga digunakan di lomba ini, mengabarkan pada tetangganya, bahwa M1 sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya di Misano. “Biasanya Yamaha sangat menderita di sirkuit. Tapi dari hasil tes ada kemajuan dengan empat M1 masuk lima besar,” papar Rossi yang menjadikan sirkuit Misano juga jadi markas perguruan VR46.

Di Misano ini para pembalap Yamaha akan menggunakan peranti baru M1 yang mereka tes di tempat sama, lalu. Misalnya lengan ayun karbon yang diyakini menutupi kelemahan grip M1. Pula knalpot baru agar top speed lebih jalan. Termasuk di dalamnya aerodinamika baru di atas roda depan.

Rossi terakhir podium di Misano pada 2016 yang kedua di belakang Dani Pedrosa. Dan terakhir juara pada 2014. Apakah tahun ini dengan dukungan penonton fanatiknya Rossi bisa melakukan sesuatu? Tunggu saka aksi mega bintang Tavullia yang sangat dekat dari Misano. M11