nhk

Jelang MotoGP Misano 2019: Marquez Malah Sibuk Dengan Yayasan Kesehatan Mata

ManiakMotor – Bintang MotoGP dari Honda Marc Márquez mengunjungi Rumah Sakit Universitas Barcelona pada Senin 9 September 2019. Dia sebagai duta program Learn for Sight yang berhubungan dengan pusat pelatihan mata yang akan dibangun di situ.

Pembalap Spanyol ini diangkat sebagai duta agar ikut giat menghimpun dana. Program “Learn for Sight” juga mengumpulkan dana untuk tes mata gratis di negara-negara dunia ketiga. Jika itu  berhasil, menjadi rumah sakit universitas negeri pertama di Eropa yang menggabungkan Klinik Oftalmologi dengan pusat pelatihan.

Marquez tertarik akan kesahatan mata lantaran  pengalamannya sendiri, betapa pentingnya penglihatan yang baik. Tidak hanya di jalur balap, tapi juga oleh manusia pada umumnya. Sebab pada 2011, ia jatuh dua kali dalam sesi latihan pertama Australia dan satu minggu kemudian di FP1 GP Malaysia. Saat itu penglihatannya jadi ganda alias kabur dari mata kiri. Makanya dia operasi mata pada pertengahan Januari 2012 dan sempat mengkhawatir akan kariernya.

Pembalap berusia 26 tahun dari Cervera, Spanyol itu lalu mengenang: “Setelah kecelakaan itu, adalah waktu yang sangat buruk. Saya sempat punya keraguan. Dan sekarang setelah mata punya pandangan yang baik, saya benar-benar menghargai mereka. Makanya saya jadi duta untuk program ini,” tutup Marquez dan segera siap-siap ke Misano. MM

BAGIKAN