nhk

Jelang MotoGP Misano 2019: Masalah Utama Yamaha M1 Rossi Berpikir Teknis Kecil-Kecilan

Lengan ayun karbon M1 Rossi

ManiakMotor – Cara berpikir pengembangan teknis M1 harus berubah. Ndak boleh terjebak pada hal-hal besar, tapi dampaknya malah kecil atau tambah buruk. Caranya memaksimalkan SDM atau sumber daya yang potensial. Harus cermat dan  detil dari masalah sepele yang faktanya berpengaruh besar.

Itu yang bicara Takahiro Sumi, Pemimpin Proyek Yamaha MotoGP untuk keluar dari krisis prestasi. “Bukan hanya motornya yang dipikirkan untuk pengembangan besar. Tetapi juga hal kecil seperti yang diterapkan di tes Misano,” papar Sumi yang pemikirannya itu diyakini punya dampak dengan melejitnya empat M1 di tes tersebut.

Sumi setuju dengan pernyataan Maverick Vinales di sini, bahwa M1 belum setara Ducati atau Honda. Tapi jalan menuju ke sana mulai terbuka dengan SDM yang rata-rata wajah baru dengan semangat ala karyawan baru. Dimulai hal kecil tersebut seperti yang mereka llakukan pada pengetesan di Misano pada 29 – 30 Agustus lalu.

Di tes Misano tersebut pasukan Yamaha membawa lengan ayun karbon untuk mengatasi penyakit kronis grip ban belakang yang sensi terhadap suhu. Sekalian aerodinamika bagian depan untuk kestabilan. Knalpot untuk melepas gas yang otomatis menolong tenaga mesin M1 yang kalah power.  Ingat ya, khusus mesin nggak bisa direvisi saat balapan sudah berjalan lantaran sudah dilaporkan sejak awal.

“Tahun 2020 kemungkinan regulasi pengembangan mesin bisa berubah, pabrikan paling tidak boleh melakukan pengembangan saat MotoGP sudah berjalan. Tapi saat ini kami Yamaha lebih fokus untuk sisa MotoGP 2019. Mari fokus pada yang paling penting yang ternyata bisa dipicu hal-hal kecil,” tambah Sumi yang akan mendukung usulan Michelin untuk musim 2020 soal perubahan ban, bila ban tersebut memengaruhi kinerja M1.

Seperti diketahui dalam dua tahun terakhir Yamaha beru juaa seri dua kali. Sedang bintang mereka Valentino Rossi menang terakhir di Belanda 2017. Rossi sendiri sangat mendukung langkah-langkan si Sumi, “Bahkan ide lengan ayun karbon sejak lama saya minta,” papar Rossi usai tes Misano dan terlihat puas dengan kinerja lengan ayun tersebut.

Iya, tapi harus dibuktikan saat lomba di Misano juga yang kegiatannya dimulai 13 – 15 September 2019. M11

BACA JUGA

Jelang MotoGP Misano 2019: Cidera Lorenzo Sulit Pulih

Jelang MotoGP Misano 2019: Lorenzo Out, Marquez Bersaudara Satu Tim Di Repsol Honda

MotoGP 2019: VR46 Riders Academy Pimpinan Rossi Gratis Awal, Perluas Keluar Italia

Jelang MotoGP Misano 2019: Pepatah Suzuki Alex Rins, Sudah Dapat Juara, Pasti Ingin Lagi